• Berita Terkini

    Wednesday, October 5, 2016

    Bukti Sejarah Kebumen Dalam Foto Minim

    sudarnoahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Minimnya bukti dan data sejarah Kebumen, terutama foto Kebumen tempo dulu membuat Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kebumen harus bekerja ekstra mencari dari berbagai tempat. Pasalnya, hingga saat ini jumlah foto dimasa lalu yang ada di Kantor Arsip Daerah hanya sekitar 50 foto.

    "Itupun kami mencari dari banyak tempat salah satunya dari Badan Arsip Provinsi," kata Kepala Seksi Manajamen Arsip pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kebumen Unik Ganiwati, di ruang kerjanya kepada Kebumen Ekspres, Selasa (4/10/2016).

    Unik Ganiwati mengungkapkan, pihaknya menggagas galeri foto-foto Kebumen dari masa ke masa di
    Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kebumen. Diharapkan dengan adanya foto-foto itu, masyaraka akan tahu sejarah yang terjadi di Kebumen. Sehingga akan menumbuhkan rasa bangga, terutama kepada generasi muda.

    Sebuah ruangan yang diberi nama Ruangan Khasanah disiapkan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kebumen ini untuk menyimpan koleksi-koleksi foto Kebumen dari masa ke masa. Kantor ini juga membebaskan masyarakat berkunjung ke Ruang Khasanah ini. "Untuk mengenalkan kepada masyarakat agar mengetahui keadaan Kebumen dan dapat membuat masyarakat lebih mengenal sejarah Kotanya," ungkapnya.

    Unik Ganiwati berharap, masyarakat yang memiliki koleksi foto-foto masa lalu tentang Kabupaten Kebumen agar menginformasikan ke Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kebumen. "Foto itu untuk di scan dan akan kita cetak untuk dipajang disini (Ruang Khasanah,red), bukan diminta. Dan sumbernya kita cantumkan," imbuhnya.

    Koleksi foto Kebumen tempo yang ada di galeri mini tersebut, seperti foto pabrik mexolie tahun 1929, Benteng Van Der Wijk pada masa kolonial, foto Waduk Sempor tahun 1975, Kantor Bupati tahun 1930 (saat ini Gedung F di lingkungan Setda Kebumen), foto Residen Kebumen 1930, foto pelantikan Bupati Kebumen R Sudarmo Sumohardjotahun 1960-an, foto Geyser Kemujan 19 Juni 1936, dan foto-foto lain.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top