• Berita Terkini

    Monday, October 10, 2016

    1.175 Pendidik PAUD Curhat ke Bupati

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Untuk kesekian kalinya, Bupati Kebumen HM Yahya Fuad mendapat menerima curahan hati (Curhat) dari para warganya. Setelah para pelajar dan  kaum difabel, kini giliran para pendidik PAUD yang mencurahkan isi hatinya dalam acara Curhat Bareng Bupati Kebumen Dengan Pendidik PAUD.

    Tak kurang dari 1.175 Pendidik PAUD mengeluarkan isi hatinya di depan Bupati pada acara yang digelar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kebumen, di aula Gedung Setda Kebumen, Senin (10/10/2016) itu. Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut Rektor IANU Kebumen Dr Imam Satibi SAg MPdI dan dr Inrillia Kristanti dari Puskesmas Klirong 1.

    Hadir pula  Kasubag Pendidikan Usia Dini Kementerian Republik Indonesia Drs Muhammad Nur Raharjo MPd. Acara juga dipandu oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Kebumen Dian Lestari Subekti Pertiwi yang bertindak sebagai presenter.

    Kepala Dinas Dikpora H Ujang Sugiyono SH melalui Kasi PAUD Endang Widuri SSos mengatakan, saat ini PAUD masih membutuhkan perhatian yang sangat serius dari pemerintah daerah. Hal itu mulai dari sarana dan prasarana, peningkatan mutu kelembagaan, peningkatan SDM hingga persoalan honorarium. “Beberapa hal di PAUD itu sangat komplek,” tuturnya.

    Dijelaskannya kini terdapat 3.896 pendidik PAUD, baik yang PNS maupun non PNS. Dari jumlah tersebut pendidik PNS berkisar 250 an. Hingga kini pendidik PAUD yang sudah mendapatkan intensif dari APBD II beru berkisar 1000 orang, dengan nominal Rp 150 ribu per bulan. “Jumlah tersebut masih sangat jauh dari kesejahteraan, padahal bila dibanding dengan guru SD maupun SMP pendidik PAUD tugasnya lebih berat,” paparnya.


    Pada persoalan sarana prasarana, hingga kini masih banyak Gedung PAUD yang meminjam, atau menyewa pada fasilitas desa maupun perorangan. Selain itu pada persoalan SDM masih banyak pendidik PAUD yang belum mengenyam pendidikan S1. “Dari banyaknya persoalan tersebut, hari ini para pendidik PAUD berkeinginan untuk menyampikan kepada bupati,” terangnya.
    Sementara itu Bupati Kebumen Ir H Mohammad Yahya Fuad SE akan mengusahakan kesejahteraan/intensif untuk para pendidik PAUD di tahun mendatang. Selain itu penguatan untuk penguatan Kelembagaan PAUD juga akan diusahakan. “Jika memang diperlukan maka alokasi dana desa dapat dianggarkan untuk penguatan Kelembagaan PAUD,” paparnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top