• Berita Terkini

    Tuesday, October 4, 2016

    10 Siswa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen Dikirim ke Tiga Negara

    saefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 10 siswa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen mendapat kesempatan berharga belajar di luar negeri. Melalui program pertukaran pelajar (student exchange), ke-10 siswa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen belajar di sejumlah negara dari 2-9 Oktober 2016 mendatang. Adapun negara tujuan meliputi Singapura, Malaysia dan Thailand.

    Sebaliknya siswa dari ketiga negara tersebut akan didatangkan ke Kebumen. Mereka akan mempelajari kehidupan di kota Kebumen, pariwisata, dan pendidikan yang ada di Kebumen dan Indonesia

    Saat ini, para pelajar di Kebumen sudah bertolak ke negara tujuan. Sebelumnya, mereka telah berpamitan sekaligus memohon restu kepada Bupati Kebumen, HM Yahya Fuad. Bupati mengucapkan selamat kepada para siswa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen yang terpilih untuk ikut serta dalam program pertukaran pelajar.

    Melalui program pertukaran pelajar, Bupati berpesan, para siswa dapat menambah wawasan dan pengalaman yang pada gilirannya akan ditularkan kepada siswa-siswa yang lain.

    Di kesempatan itu, Bupati menyampaikan, ada banyak hal yang bisa ditiru dari negara-negara yang menjadi tujuan program pertukaran pelajar ini. Seperti Singapura misalnya, bupati menceritakan di negara itu tak lebih luas dari Kebumen dari sisi wilayah. Dari sisi sumber daya alam, Singapura kalah jauh dibanding Indonesia yang memiliki kekayaan alam melimpah.

    Namun Singapura tergolong negara maju.  Itu bisa terjadi lantaran mereka memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul serta cerdas. "Mereka biasa maju dan jaya raya tanpa punya sumber daya alam yang melimpah. Itu artinya kemajuan suatu negara tidak hanya dari sumber daya alamnya saja namun sumber daya manusianya juga harus di tingkatkan," papar Bupati memompa motivasi para siswa SMP Muhammadiyah 2 Kebumen.

    Salah satu siswa SMP Muhammadiyah 2 yang ikut dalam program pertukaran pelajar, Pediansyah Farras Ramdan (13) mengaku sangat senang dapat menimba ilmu dan pengalaman di sejumlah negara. Remaja berusia 13 tahun yang juga Ketua OSIS SMP Muhammadiyah 2 Kebumen itu berharap program yang dilakukan sekolahnya dapat memotivasi sekolah lain untuk dapat melakukan hal serupa. "Program ini sekaligus membuktikan SMP Muhammadiyah 2 Kebumen memiliki keunggulan dari sekolah lain," kata putera ketiga pasangan HD Sriyanto SH MH MM dan dr N Rima Rahmawati itu.

    HD Sriyanto, orang tua Pediansyah sekaligus anggota Komite SMP Muhammadiyah 2 turut memberikan apresiasinya kepada program pertukaran pelajar yang dilakukan sekolah tersebut. "Semoga program ini akan berlanjut dan akan ada lebih banyak negara lain yang menjadi tujuan pertukaran pelajar," ujar pengacara senior Kebumen yang berkantor di Perum Gelora Indah Pejagoan tersebut.

    Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Kebumen, Imam Romzan Fauzi SThI yang mendampingi para siswanya dihubungi kemarin, mengatakan mereka tengah berada di Singapura setelah sebelumnya telah menyelesaikan program di Malaysia pada 2-3 Oktober. "Di Singapura kami sampai 7 Oktober kemudian di Thailand 8-9 Oktober," ujarnya, Rabu (4/10/2016).(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top