• Berita Terkini

    Monday, September 5, 2016

    SMPN 2 Karanganyar Gelar “Semar Mendem" bagi Siswanya

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Meskipun para siswa SMP umumnya belum memiliki hak pilih pada Pemilu, Pilpres, Pilbub maupun Pilkada, namun penanaman demokrasi penting untuk dilakukan. Dengan adanya penanaman demokrasi sejak dini, diharapkan para siswa akan memahami pentingnya berdemokrasi. Selain itu mereka tidak akan merasa canggung lagi, saat akan mengikuti pememilihan pemimpin dinegeri ini.


    Dengan dasar itulah, Kepala sekolah SMP Negeri 2 Karanganyar Tuseno SPd menggelar Semarak Menanamkan Demokrasi (Semar Mendem). Kegiatan pengenalan demokrasi ini dilaksanakan dalam kegiatan pemilihan Ketua OSIS, Sabtu (3/9/2016).

    Pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS di SMP Negeri 2 Karanganyar, hampir sama persis dengan tata cara pemilu yang dilaksanakan di Indonesia. Sebelum pemilihan, para calon ketua melakukan sosialisasi, pada waktu kampaye, yakni tiga hari sebelum pemilihan dilaksanakan. Merekapun menyampaikan visi dan misinya.

    Selayaknya Pemilu, para calon Ketua OSIS juga memiliki tim sukses masing-masing. Tim Sukses dari masing-masing calon akan melakukan sosialisasi dan penggalangan masa. “Ini hampir sama persis dengan Pemilu, ada tim sukses, biling pemilihan dan lain sebagainya. Bedanya pada pemilihan Ketua OSIS tidak ada Money Politik,” tutut Tuseno di sela-sela mengawasi jalannya pemilihan Ketua OSIS.

    Istilah Semar Mendem lanjutnya, sengaja dimunculkan untuk memperkenalkan budaya kepada para siswa. Semar merupakan tokoh punokawan paling utama dalam pewayangan Jawa. “Terdapat dua manfaat dalam pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS kali ini, yakni penanaman demokrasi dan pengenalan budaya,” terangnya.

    Terdapat empat calon pada pemilihan ketua OSIS tersebut yakni, Heni Fatmawati kelas VII G, Bayu Hermawan kelas VIII D, Regani Rio Awanda kelas VIII G dan Puan Nadia kelas VIII A. Semua calon saling duduk berdampingan, saat secara bergiliran 760 siswa menggunakan hak pilihnya.

    Setelah semua siswa menunaikan kewajibannya menggunakan hak pilihnya, perhitungan suara pun dilaksanakan. Hasilnya Regani Rio Awanda keluar sebagai pemenang dan terpilih menjadi Ketua OSIS priode tahun 2016-2017. Regani berhasil mengalahkan ketiga rivalnya, dengan mendapatkan 333 suara.

    Ketua OSIS SMP Negeri 2 Karanganyar demisioner, Indah Puspita pun berpesan kepada Ketua OSIS terpilih. Beberapa pesan yang disampaikan diantaranya OSIS yang baru diharapkan dapat memajukan SMP Negeri 2 Karanganyar. Ketua OSIS juga dapat dipercaya oleh semua siswa dan mempunyai dedikasi yang tinggi. “Ketua OSIS harus siap mendengar setiap aspirasi dari para siswa,” ucapnya, yang juga menjadi ketua panitia pemilihan Ketua Osis. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top