• Berita Terkini

    Sunday, September 25, 2016

    Situs Pendeman Jaran Candimulyo Kondisinya Memprihatinkan

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Situs Pendeman Jaran yang terletak di Dusun Tlimbeng Desa Candimulyo Kecamatan Kebumen, kondisinya sangat memprihatinkan. Padahal situs tersebut termasuk tempat bersejarah bagi Kabupaten Kebumen. Tak hanya itu, tak ada papan apapun yang menandakan kawasan tersebut merupakan benda cagar budaya.

    Tak ada benda apapun yang menjadi pengaman di tempat itu. Bekas bangunan candi yang telah berusia ratusan tahun itu pun hanya teronggok di depan sebuah rumah tua. Sayangnya, bangunan rumah tua yang usianya telah mencapai 90 tahun itu pun telah berubah bentuk.

    Sang pemilik Romidah (44), mengaku terpaksa merenovasi bagian depan rumah karena karena sebagian kayunya sudah keropos dimakan rayap. "Karena sudah banyak yang ambrol, kaya ukir-ukirannya juga pada copot. Kita renovasi depannya saja," kata Romidah, kepada Kebumen Ekspres, Minggu (25/9/2016).

    Meski bagian depannya berubah bentuk, kata Romidah, bangunan di belakangnya masih dipertahankan seperti bangunan pertama kali dibangun. "Kayu-kayu bekas bangunan depan dijadikan bahan kusen. Masih kuat banget itu, itu kan jati tua," ujarnya.

    Sebelumnya, Situs Pendeman Jaran diteliti oleh Arkeolog dari Balai Arkeologi Yogayakrta, belum lama ini. Penelitian ini dilakukan dalam upaya penelusuran jejak-jejak sejarah Kebumen masa lampau.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top