• Berita Terkini

    Saturday, September 3, 2016

    Salut, Warga Mirit Siapkan Makanan Gratis bagi Kontingen ETK 2016

    KEBUMEN (kebumenkspres.com) - Setelah singgah di Kebumen, tunas kelapa dalam rangka kegiatan Estafet Tunas Kelapa 2016 (ETK 2016) kembali melanjutkan perjalanan. Sabtu (3/9/2016), estafet tunas kelapa diantarkan ke Kabupaten Purworejo dipimpin Bupati Kebumen sekaligus
    Kamabicab, HM Yahya Fuad.

    Turut mendampingi Bupati, sejumlah pejabat di Kebumen termasuk Ketua Kwarcab Kebumen, Adi Pandoyo. Mereka berjalan kaki. Sesampai di lokasi yang ditentukan, di Jembatan Wawar, Kecamatan Mirit, Bupati Fuad menyerahkan tunas kelapa secara simbolis dan diterima langsung oleh staf ahli bupati Purworejo Ahmad Kasinu Mpd.

    Yahya Fuad menyatakan apresiasinya atas antusiasme dan dukungan masyarakat serta insan Pramuka dalam mendukung ETK 2016 yang merupakan agenda rutin dua tahunan Kwarda Jawa Tengah tersebut. Atas dukungan itu, ETK di Kebumen dapat berjalan lancar dan tepat sesuai jadwal. "Ini merupakan kerja sama ketepatan waktu dan masyarakat dikerahkan untuk berpartisipasi menyambut ETK," kata Bupati Fuad, ditemui di lokasi penyerahan tunas kelapa.

    Antusiasme memang terlihat saat ETK singgah di Kebumen. Di bawah terik matahari, masyarakat dan anggota Pramuka memadati rute tunas kelapa dari pendopo Kabupaten hingga Kecamatan Mirit. Tak sekedar menunggu, mereka juga menyuguhkan kesenian dan tradisional.

    Bahkan, warga di Kecamatan Mirit secara khusus menyediakan penganan gratis di sepanjang rute estafet tunas kelapa. Itu juga sebagai bentuk rasa syukur warga Kecamatan Mirit dan tradisi warga bersodakoh atas hasil panen.

    Marfuatun(47) salah satu warga Desa Tlogoprogoto Kecamatan Mirit menyediakan dan membagikan makanan hasil panen khas bumi Mirit. sajian itu katanya, merupakan kerja sama tim penggerak PKK dan Muslimatan dalam rangka menyukseskan Estafet Tunas Kelapa 2016. "Awalnya hanya dari gendhu-gendhu rasa bersama ibu ibu PKK dan Muslimatan. Akhirnya dapat direalisasikan. (Makanan) ini untuk peserta (ETK). Kasihan, mereka kan capek," katanya di sela-sela melayani peserta estafet tunas kelapa yang singgah di "stand makanan" yang mereka dirikan.

    Sehari sebelumnya, Kebumen menerima estafet dari Kabupaten Banyumas dan Banjarnegara. Wakil Bupati Kebumen HM Yazid Mahfudz beserta Kapolres Kebumen AKBP Alpen
    SH SIK MH menerima secara simbolis. Selanjutnya, sejumlah pengurus Kwarcab Pramuka Kebumen dipimpin Kakwarcab Adi Pandoyo membawanya ke pendopo dinas Bupati.

    Sepanjang perjalanan, kontingen pembawa tunas kelapa mendapat dieluk-elukan insan Pramuka dan warga masyarakat umum di Kebumen.

    ETK merupakan ciri khas Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah yang tahun 2016 berlangsung untuk ke-33 kalinya. Di tahun 2016 ini, dengan start dari 14 titik Kwartir Cabang Kabupaten/Kota, yang selanjutnya menuju satu titik di Kabupaten Karanganyar sebagai pusat Peringatan 55 Tahun Gerakan Pramuka Tingkat Jawa Tengah. Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya menanamkan nilai luhur kepada generasi muda, khususnya anggota Pramuka. (saefur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top