• Berita Terkini

    Tuesday, September 27, 2016

    Pilketos SMP 3 "Ditunggui" Anggota KPU

    IMAM/ESKPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Pemilihan ketua OSIS SMP Negeri 3 Kebumen dikemas layaknya pemilu, Senin (26/9/2016). pelaksanaan Pemilihan juga mendapat respon positif dari Anggota KPU Kebumen Supriyanto yang menyaksikan langsung pemilihan ketua OSIS yang diikuti tiga pasangan calon tersebut.

    Masing-masing pasangan calon yakni nomor urut 1 pasangan Rapa Bagus Panuntun dan Crysant Cahyaning P, nomor urut 2  pasangan Heppy Salvatore W dan Kingkin Yosi U dan pasangan nomor urut 3 Isna Nur Baeti dan Bagus Elang.

    Dalam sambutannya Supriyanto yang sekaligus membuka pemilihan Ketua OSIS SMP Negero 3 Kebumen menekankan pentingnya memulai pembelajaran demokrasi yang baik dan benar. "Ada yang ditraktirkan bakso oleh kandidat tidak?," kata Supriyanto yang langsung dijawab tidak oleh para siswa.

    Kepala SMP Negeri 3 Kebumen Martiyono menjelaskan, pemilihan Ketua OSIS ini merupakan bentuk demokrasi yang secara alami akan diterapkan di masyarakat kelak. Maka dari itu pihak sekolah berupaya untuk memberi pembelajaran demokrasi yang baik dan benar. "Pada saatnya nanti mereka akan terlibat langsung dalam pesta demokrasi pemilu. Maka kegiatan saat ini dapat menjadi bekal, kelak di kemudian hari," terangnya.

    Proses pemilihan ketua OSIS itu diawali dengan perekrutan melalui selebaran. Persyaratannya, para calon menyarahkan nilai NEM minimal 26 untuk kelas 7. Untuk kelas 8 rata-rata nilai rapor 80. Selain itu mendapat izin orang tua.

    Dari 56 bakal calon yang mendaftar, terdapat 43 yang lolos seleksi. Selanjutnya dites tertulis oleh penyelenggara atau KPU OSIS dibantu majelis pembina OSIS. Hasil seleksi itu mengerucut tiga pasangan calon atau kandidat ketua OSIS SMP Negeri 3 Kebumen yang mengikuti pemilihan tersebut.

    Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Muhammad Farkhan Fuadi mengumumkan, pasangan Heppy Salvatore W dan Kingkin Yosi U menang telak dengan perolehan 318 suara. Disusul pasangan Rapa Bagus Panuntun dan Crysant Cahyaning P mendapat 192 suara, serta Isna Nur Baeti dan Bagus Elang mendapatkan 150 suara. Golput 89 suara sedangkan yang tidak mencoblos karena sakit 17 suara. "Ini pengalaman pembelajaran demokrasi  yang mengesankan bagi para siswa," kata Farkhan.

    Jumlah siswa yang memilih sebanyak 776 anak. Masing-masing diberi kartu undangan untuk dibawa ke tempat pemungutan suara. Satu per satu dipanggil namanya, lalu menandatangani kehadiran dan diberi kartu suara.  Selanjutnya melakukan pencoblosan.

    Panitia meminjam 3 bilik suara ke KPU Kebumen. Selanjutnya hasil pencoblosan dimasukkan di kotak suara. "Seperti layaknya mengikuti pemilu, setelah mencoblos juga jarinya dicelupkan tinta," terang pembina OSIS SMP 3 Kebumen Sri Untarti. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top