• Berita Terkini

    Monday, September 5, 2016

    Dua Calhaj Gabung Kloter Sapu Jagad

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dua calon jamaah haji asal Kabupaten Kebumen, yang tergabung ke dalam kelompok terbang (Kloter) 74 diberangkatkan ke tanah suci. Kloter sapu jagad tersebut bertolak ke tanah suci dari Embarkasi Solo, Senin (5/9/2016) sekitar pukul 15.35 WIB.

    Kloter 74 ini menjadi jamaah haji Indonesia terakhir yang mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah Arab Saudi, pada 5 September pukul 23.20 Waktu Arab Saudi.

    Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Moh Nasir, mengatakan kedua jamaah tersebut merupakan pasangan suami istri yang masuk calon jamaah kuota cadangan. Mereka bernama Musin dan Haryatun, warga Desa Kaleng Kecamatan Puring.  "Karena masih tersisa kursi, maka Kabupaten Kebumen mendapat jatah dua orang yang bisa berangkat haji tahun ini," kata Moh Nasir, kepada Kebumen Ekspres di kantornya, Senin (5/9/2016).

    Kloter 74, kata Moh Nasir, merupakan gabungan dari jamaah calon haji dari kabupaten dan kota di Jawa Tengah. "Iya, ini memang yang masuk cadangan lima persen yang telah melakukan pelunasan," ujarnya.

    Dengan telah diberangkatkannya dua calon jamaah haji terakhir itu, maka seluruh jamaah calon haji asal Kabupaten Kebumen telah berada di tanah suci. Jamaah asal Kabupaten Kebumen, pemberangkatannya masuk ke dalam gelombang kedua. Yakni setelah bertolak dari tanah air mereka akan tiba di Jeddah.  "Berbeda dengan dengan gelombang pertama yang langsung mendarat di Madinah. Nah ini dibalik, mendarat di Jeddah dan pulangnya langsung dari Madinah," ungkapnya.

    Ia menambahkan, saat ini kondisi jamaah calon haji yang sudah ada di tanah suci dalam keadaan sehat. Mereka baru akan berangkat ke Arafah untuk menjalankan wukuf pada Jumat (12/9) untuk menjalankan wukuf pada Minggu (14/9).

    Untuk diketahui, calon jamaah haji asal Kabupaten Kebumen pada musim haji 2016 ini mencapai 965 orang. Mereka  diberangkat dengan empat kloter, yakni kloter 36, 60, 61, dan kloter 62. (ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top