• Berita Terkini

    Saturday, September 3, 2016

    Bus Haji Kecelakaan Karambol di Jalan Semarang-Solo

    HUMAS PPIH FOR RASO
    BOYOLALI – Lima bus yang membawa calon jamaah haji (CJH) mengalami kecelakaan karambol di jalan Semarang-Solo, kemarin (3/9). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya saja satu bus mengalami kerusakan cukup parah dan jamaah yang ada di dalam terpaksa menggunakan armada cadangan.

    Rombongan kelompok terbang (kloter) 70 ini asal Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Terdiri dari 360 orang yang meliputi 225 orang asal Kota Semarang, 130 orang asal Kabupaten Demak serta lima petugas kloter. Rombongan diantar lima bus yang berisi jamaah dan satu bus cadangan.

    Berangkat pada pukul 05.00, bus berjalan dengan kawalan mobil Patwal Polwiltabes Semarang. Saat melintas di Desa Klero, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, bus nomor satu mengerem mendadak menghindari sepeda motor yang melintas melebihi garis marka. Sontak saja, empat bus di belakangnya tidak sempat mengatur laju kendaraan, sehingga terjadi kecelakaan beruntun.

    Bus nomor empat yang membawa jamaah dari Kabupaten Demak mengalami kerusakan paling parah. Bamper depan terlepas dan kaca bagian depan retak. CJH yang ada diminta berpindah menggunakan bus cadangan nomor enam untuk melajutkan perjalanan ke Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali.

    Dengan kejadian tersebut, CJH yang mayoritas saat itu dalam keadaan tidur tiba-tiba terbangun setelah mendengar benturan keras. Beruntung tidak ada satupun CJH yang mengalami luka. Mereka hanya mengalami sedikit trauma sesaat. ”Saat kejadian banyak yang tidur karena kecapekan,” kata Ahsan, seorang jamaah yang juga ada di rombongan.

    Lantaran penanganan yang cekatan, seluruh CJH kloter 70 dapat sampai di Embarkasi Adisumarmo tepat waktu pada pukul 06.00. Rencananya mereka akan diberangkatkan ke Tanah Suci hari ini pukul 00.55.

    Kepala Bagian (Kabag) Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Adisumarmo Agus Widakdo memastikan tidak ada perubahan waktu penerbangan untuk CJH kloter 70. ”Semua on schedule. Karena informasi dari kesehatan semua memenuhi. Tidak ada yang sakit setelah kecelakaan,” katanya.

    Berdasarkan hasil rekapitulasi pada Sabtu pukul 17.00, Embarkasi Adisumarmo telah memberangkatkan 68 kloter dengan total jamaah 24.377 orang. Hari ini kloter 74 atau kloter sapu jagat akan tiba di embarkasi pada pukul 13.00 dan menjadi penutup dari rangkaian pemberangkatan CJH 2016. ”Penerbangan terakhir pada Senin pukul 12.45,” kata Agus. (irw/un)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top