• Berita Terkini

    Tuesday, September 6, 2016

    Belajar Demokrasi sejak Dini, Siswa SMPN 3 Gombong Gelar Pilketos

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pesta demokrasi berlangsung meriah SMP Negeri 3 Gombong. Layaknya seperti pemilihan presiden di Indonesia, keempat calon ketua OSIS itu pun tampil berpasangan dengan wakilnya masing-masing, Sabtu (3/9/2016).

    Pemilihan ketua OSIS (Pilketos), dilaksanakan di halaman sekolah tersebut. Pasangan calon ketua OSIS dan wakilnya, dengan sabar duduk dan menunggu proses pemilihan berlangsung. Beberapa kali terlihat senyum di wajah masing-masing pasangan calon, saat beberapa siswa yang hendak menentukan pilihan menyapanya.

    Adapun beberapa pasangan calon dalam Pilketos itu yakni, Natasya Syayidina Nareswari dan Auriel Riski sebagai nomor urut 1. Noni Nastiti dan Navita Cahya Ningrum sebagai nomor urut 2. Bayu Kuncoro jati dan Doni Ghibran sebagai nomor urut 3 dan Eka Bima Saputra dan Caesar Satya Wijaya sebagai nomor urut 4.

    Kepala SMP  Negeri 3 Gombong Tubari SPd mengatakan kegiatan Pilketos merupakan sarana untuk melatih para siswa dalam mengenal demokrasi. Bagi para siswa, Pilketos akan menjadi sarana untuk menentukan siapa pemimpin yang menjadi pilihan mereka. Sedangkan bagi para calon ketua OSIS yang kalah, nantinya meraka akan mampu memahami makna sebuah kompetisi yang pasti ada yang menang dan kalah. Sedangkan bagi colon yang menang akan memiliki tanggunjawab yang tinggi sebab mereka dipilih secara langsung oleh siswa. “Semua ini sangat penting untuk menumbuhkan kembangkan sikap sportivitas pada diri siswa,” tuturnya.

    Menurut Tubari sebuah ilmu dapat mudah dipahami dengan cara dipraktekan. Begitu juga dengan pemahaman tentang makna dan arti demokrasi. Maka dari itu moment Pilketos menjadi hal yang sangat bagus untuk mempraktekkan tentang arti dan makna demokrasi. “Dengan memahami demokrasi sejak dini, diharapkan para siswa akan memahami makna pentingnya sportivitas, kejujuran dan kedaulatan,” paparnya.

    Setelah pemilihan selesai, perhitungan pun dilaksanakan. Dari hasil perhitungan pasangan nomor urut 1 mendapatkan 36 suara. Pasangan nomor urut 2 mendapatkan 73 suara. Pasangan nomor urut 3 mendapatkan 117 suara dan pasangan nomor urut 4 mendapatkan 432 suara. Dengan demikian maka Eka Bima Saputra dan Caesar Satya Wijaya terpilih secara sah menjadi ketua dan wakil ketua OSIS di SMP Negeri 3 Gombong. “Saya mengenal betul Eka Bima, selain berprestasi dalam bidang akademik dia juga mampu memimpin. Menurut saya dia memang layak terpilih sebagai Ketua OSIS,” ucap Guru Bimbingan Konseling (BK) SMP Negeri 3 Gombong Dra Anivita Kusumastuti. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top