• Berita Terkini

    Friday, September 23, 2016

    Bantal Lelap, Karya Unik Siswa SMK Citra Media Sragen

    Berisi Rempah Daun Setan, Membuat Tidur Lebih Nyaman

    Kesibukan kerja bisa memicu tingkat stres juga semakin tinggi. Salah satu dampaknya membuat orang sulit tidur. Fenomena ini akhirnya menginspirasi Selania Tifana dan Ici Ilawati, siswa SMK Citra Medika Sragen untuk menciptakan sebuah bantal khusus yang bisa membuat orang sesibuk apapun tetap bisa tidur terlelap. Seperti apa keunikan bantal ini?
    ---------------------
    NOVITA RAHMAWATI, Solo
    --------------------

    SELANIA Tifani dan Ici Ilawati mungkin tidak menyangka hasil karyanya bisa menyedot perhatian banyak orang di ajang Lomba Kreativitas Siswa (LKS) di Balai Kota Solo belum lama ini. Bahkan, petugas yang menjaga stand di ajang tersebut sempat kewalahan melayani sejumlah pertanyaan dari pengunjung.

    ”Kalau mau beli, kami punya permen yang dibuat dari rumput teki. Tapi yang paling spesial adalah bantal lelap ini. Kreasi murid dari sekolah kami,” jelas Natasha Salsabila, siswa SMK Citra Medika Sragen yang bertugas menunggu stand.

    Natasha menjelaskan produk bantal lelap tersebut merupakan kreasi dua temannya dari jurusan farmasi. Yakni, Selania Tifana yang merupakan siswa kelas XI dan Ici Ilawati, siswa kelas XII.

    Kelebihan dari bantal lelap ini adalah, orang selelah apapun selalu memiliki kualitas tidur bagus saat menggunakan bantal lelap ini. Sehingga ketika bangun tidur, orang bisa merasakan badannya segar dan bugar.

    ”Benar, saya sendiri sudah mecobanya. Apalagi ketika kondisinya lelah setelah mengerjakan tugas ataupun begadang, bangun tidur merasa lebih segar, meskipun tidurnya tidak terlalu lama. Karena meski tidurnya sedikit, tapi berkualitas,” ucapnya.

    Natasha menceritakan, awalnya kedua temannya ini terbetik membuat bantal yang bisa nyaman untuk tidur. Setelah melalui berbagai riset, akhirnya muncul ide untuk membuat bantal yang berisi rempah-rempah dengan aroma tertentu.

    Selama uji coba sempat beberapa kali gagal. Namun keduanya tidak menyerah. Akhirnya setelah melakukan berulang kali penelitian, keduanya berhasil menemukan daun setan yang ternyata berkhasiat membuat tidur menjadi nyenyak. Daun-daun itu kemudian dicampur dengan rempah dimasukkan ke bantal lelap tadi.

    ”Daun ini sudah terkenal membuat tidur menjadi nyenyak. Hanya saja, untuk mendapatkan daun ini cukup sulit, karena hanya bisa didapatkan di daerah pegunungan. Makanya sampai saat ini kedua teman saya masih sulit untuk memproduksi banyak,” ucapnya.

    Tahapan untuk membuat bantal ini juga cukup lama. Awalnya rempah-rempah seperti cengkeh, daun sereh dan daun setan setan dikeringkan hingga benar-benar kering sampai tidak ada kandungan airnya. Untuk mengeringkan rempah-rempah ini butuh waktu sampai sepekan. Kemudian setelah benar-benar kering, rempah dimasukkan ke tengah-tengah bantal dan dilapisi dengan dakron. Lalu diluarnya dilapisi kain dan dijahit.

    Saat ini, bantal tersebut sudah diproduksi dan dijual umum. Hanya saja, untuk memproduksi skala banyak, kedua siswa yang menciptakannya masih kesulitan. Karena aktivitas sebagai siswa juga menuntut banyak tugas dari sekolah untuk dikerjakan. Untuk harga relatif murah. Bantal dengan ukuran kecil hanya dijual Rp 10 ribu, sedangkan ukuran besar Rp 25 ribu. ”Kalau saat ini biasanya hanya saat pameran atau saat ada yang memesan saja. Masih belum diproduksi secara banyak,” ucapnya. (*/bun)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top