• Berita Terkini

    Thursday, August 25, 2016

    Wuihh,, Tugu Lawet Bakal Dibongkar

    Bupati Gelar Sayembara Cari Tagline Kebumen
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Keberadaan Tugu Lawet yang terletak di jantung Kota Kebumen, dinilai masih kurang menjual. Padahal tugu yang dibangun diera tahun 1970-an itu merupakan maskot kabupaten dengan slogan Beriman ini. Bupati Kebumen HM Yahya Fuad, berencana bakal merombak total tugu yang sebelumnya bernama "Kupu Tarung" tersebut.

    Untuk merombaknya, bupati rencananya bakal menggelar sayembara guna menentukkan desain Tugu Lawet yang baru. "Pesertanya bebas, bukan hanya warga Kabupaten Kebumen saja. Tetapi dari seluruh penjuru nusantara boleh mengikuti sayembara ini," kata Yahya Fuad, kepada Kebumen Ekspres, di Gedung F Kantor Bupati Kebumen, Kamis (25/8/2016).

    Pihaknya sengaja membuka kesempatan untuk masyarakat di seluruh Indonesia terlibat dalam menentukan desain Tugu Lawet, agar Kebumen semakin banyak dikenal oleh banyak orang. "Ini juga sekaligus untuk promosi potensi Kebumen. Agar semakin banyak orang tahu tentang Kebumen," bebernya.

    Nantinya setelah ditentukan desainnya, lanjut bupati, Tugu Lawet akan dibongkar dan diameternya akan dilebarkan. Selain itu, untuk lebih mempercantik juga akan dilengkapi dengan air mancur. "Nanti akan dikombinasikan beton dengan tembaga. Tahun depan akan dimulai renovasi besar," ujarnya.

    Yahya Fuad mengungkapkan, untuk menggelar sayembara Pemkab Kebumen telah mengalokasikan anggaran pada APBD Perubahan 2016 ini. "Iya, sayembaranya digelar tahun ini. Nanti begitu anggaran sudah "diketok" langsung kita laksanakan," tegasya.

    Tak hanya desain Tugu Lawet yang akan disayembarakan, Bupati HM Yahya Fuad juga akan menggelar sayembara untuk mencari tagline baru yang tepat untuk Kebumen. Sementara ini, tagline yang sudah banyak beredar di kalangan masyarakat diantaranya "Kebumen Pancen Maen, Kebumen Keren, Kebumen Ora Baen-baen, hingga Kebumen Never End".

    "Bukan hanya tagline saja, tetapi termasuk juga bentuk huruf yang pas untuk tagline itu. Termasuk desain untuk sovenir juga kita sayembarakan," imbuhnya.

    Sementara itu, Pemkab Kebumen juga berencana bakal merombak tampilan kota agar lebih indah. Pemkab Kebumen bakal menggandeng pengembang dari Bandung yakni PT Bandung Investindo Group (BIG). Bahkan, PT Bandung Investindo Group (BIG) sudah diundang bupati untuk memaparkan terkait hal tersebut.

    Bupati Kebumen meminta beberapa area yang akan dipercantik seperti Tugu Lawet, Menara Masjid Agung, dan taman depan pendopo bupati. Selain itu, bioskop di Perpustakaan Daerah juga akan disulap menjadi bioskop lima dimensi (5D).(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top