• Berita Terkini

    Monday, August 8, 2016

    Wahh, Kyai Asal Adimulyo ini Mengaku Masih Keturunan Nabi Muhammad

    hasanudin alias Kiai Syawal/foto imamekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hasanudin atau disebut juga dengan Kyai Syawal, warga Desa Tepakiyang Kecamatan Adimulyo mengaku RT 2 RW 2 Desa Tepakyang mengaku masih keturunan Nabi Muhammad SAW. Bukan itu saja, pria berusia 51 tahun itu juga mengklaim dirinya mampu mengajarkan ilmu Makrifat.

    Hasanudin tak lain adalah guru Abdul Ghofur (34) warga RT 2 RW 1 Desa Logandu Kecamatan Karanggayam yang meninggal lantaran belajar ilmu makrifat kepadanya. Seperti pernah diberitakan,  Abdul Ghofur meninggal setelah melakukan ritual 40 hari 40 malam. Tragisnya, jenasahnya baru bisa diambil pihak keluarga pada Kamis (4/8/) atau selang 7 bulan setelah dia meninggal pada Desember 2015 lalu.

    Ditemui Ekspres di rumahnya, Senin (8/8/2016), Hasanudin alias Kyai Syawal mengaku menyayangkan apa yang dialami Abdul Ghofur. Menurutnya, dia sudah memberikan peringatan kepada santrinya itu betapa beratnya ritual itu. Namun, Ghofur berkeras melakoni puasa 40 hari 40 malam. “Saya sendiri sudah melarangnya, namun dia bersih kukuh. Bahkan memilih mati dari pada tidak dapat menggapai ilmu tersebut," kata Hasanudin.

    Terlepas dari apa yang dialami Ghofur, Hasanudin meyakini puasa 40 hari 40 malam menjadi cara untuk menggapai makrifat. Bilapun kemudian Ghofur meninggal, itu bukan berarti "laku" itu gagal.


    Menurut Syawal, meninggalnya Ghofur itu memang karena kemauannya sendiri yakni dia sudah tidak mau lagi hidup di alam ini. Dia lebih memilih "ninggal raga" dari pada hidup di kehidupan ini. Sebelum melakukan pecat ruh, Ghofur pesan kepada keponakannya Warsono untuk dimakamkan di area padepokan.

    "Tekad Ghofur itu menjadi ciri-ciri orang yang sudah membutuhkan ilmu makrifat. Dan ilmu makrifat hanya dapat diberikan dan diajarkan kepada orang-orang yang memang membutuhkan,” katanya.

    Keyakinan itulah yang dia yakini setelah mondok di banyak pondok pesantren. Terlebih, dia mengaku masih memiliki garis keturunan Nabi Muhammadd SAW. Terkait keturunan Nabi Muhammad, Hasanudin bisa menerangkan urutan nasabnya hingga ke Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, dia masih keturunan nabi Muhammad dari garis Sayidina Husen. Dan, dia itu keturunan Nabi Muhammad yang ke61 atau Habib Hasanudin Assegaf.(cah/mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top