• Berita Terkini

    Friday, August 19, 2016

    Tangkap Lele Semarakkan HUT RI di Rantewringin

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekpres.com)-Banyak cara yang dilaksanakan masyarakat untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71. Di RT 1 RW 1 Desa Rantewringin Kecamatan Buluspesantren, masyarakat merayakan HUT RI dengan lomba menangkap ikan lele.

    Dari pantauan Ekspres, kondisi kubangan berlumpur hitam pekat di area persawahan, rupanya tak menyurutkan niat masyarakat untuk mengikuti lomba. Puluhan warga pun antusias dengan tangan kosong menangkap ikan lele pada lomba yang dilaksanakan oleh CV Mimbar Jaya, Kamis (18/8/2016).


    Selain semarak, adanya lomba itu juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat. Diiringi canda tawa, para ibu-ibu rumah tangga menyaksikan para peserta yang berebut untuk menangkap ikan. Meski baju dan tubuh menjadi kotor, namun semangat menangkap ikan tidak terlihat padam.

    Salah satu panitia penyelenggara Rochim (40) mengatakan, lomba menangkap ikan merupakan kali pertama dilaksanakan di RT 1 RW 1 desa stempat. Lomba dilaksanakan berkat kedermawanan pemilik CV Mibar Jaya Mungalimin (39) untuk ikut meramaikan HUT RI. Adapun peserta lomba merupakan warga RT 1 RW 1 yang memperebutkan 30 kilogram ikan lele. “Terdapat satu ikan lele basar dengan ukuran lima kilogram. Itu merupakan masternya,” paparnya.

    Dengan antusiasnya warga yang mengikuti, lanjut Rochim, lomba serupa akan kembali dilaksanakan peringatan HUT RI selanjutnya. Kali ini lomba dilaksanakan di area pesawahan dengan memanfaatkan salah satu kubangan sawah. “meski sederhana namun kegiatan ini sangat menghibur masyarakat,” paparnya.

    Kondisi sawah yang berlumpur, juga mengundang kesulitan tersendiri bagi peserta. Ikan lele yang berlendir licin dan berlumpur yang pekat membuat warga kesulitan saat menangkapnya. Kesulitan peserta juga menjadi hiburan tersendiri bagi para penonton. Tak pelak gelak tawa para ibu pun terdengar renyah, dari awal hingga di penghujung lomba. “Luar biasa, anak-anak dan remaja saling berebut untuk menangkap ikan,” ungkapnya.


    Sementara itu pemilik CV Mimbar Jaya Mungalimin mengatakan, kendati ini kali pertama, namun pelaksanaanya sangat sukses. Melihat antusias warga pihaknya pun berencana akan melaksanakan setiap tahunnya. “Kami sangat senang, dan ini merupakan kegiatan positif,” ucap, pemilik CV yang bergerak dibidang kayu dan bangunan dan pembuatan rumah. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top