• Berita Terkini

    Monday, August 1, 2016

    SMA N 1 Kebumen Jadi Sekolah Rujukan

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– SMA Negeri 1 Kebumen menjadi barometer perkembangan pendidikan SMA di Kabupaten berselogan Beriman ini. Itu setelah Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah menetapkan sekolah tersebut sebagai sekolah rujukan.

    Sebagai sekolah rujukan, kini SMA Negeri 1 Kebumen dituntut untuk mampu menularkan ke sekolah lain guna mempercepat mutu pendidikan daerah ke tingkat nasional. Harus mau berbagi dengan sekolah lain, terkait tips-tips dan cara mengembangkan serta memajukan dunia pendidikan. Tak heran kini SMA Negeri yang dikepalai oleh H Agus Sunaryo SPd MPd, banyak mendapatkan kunjungan dari sekolah lain untuk studi banding. Bukan hanya dari Kebumen saja, studi banding juga kerap dilaksanakan oleh SMA dari luar kota bahkan dari luar Pulau Jawa.

    "Gelar sekolah rujukan diberikan bagi sekolah yang sudah melewati standar nasional. Selain itu sekolah juga harus mempunyai trobosan-trobosan dalam dunia pendidikan," tutur H Agus Sunaryo SPd MPd pada puncak peringatan HUT SMA 1 Negeri Kebumen ke-57 dihalaman sekolah tersebut, Sabtu (30/7) malam.

    Sekolah yang beralamat di Jalan Mayjen Sutoyo Kebumen ini, juga menerapkan sistem kredit semester (SKS) dalam kurikulumnya. Padahal tidak banyak sekolah di Jawa Tengah ini, yang berani menerapkan sistem layaknya perkuliahan itu. Dengan menggunakan sistem SKS, siswa dapat lulus sekolah hanya dalam waktu dua tahun menempuh jenjang pendidikan. Mereka pun digolongkan dalam siswa cerdas istimewa (SCI) yang masuk kelas khusus. "Ini salah satu terobosan dan nilai tambah dalam meningkatkan kompetensi serta kualitas pendidikan di tengah-tengah menghadapi tantangan zaman," paparnya.

    Acara peringatan HUT juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, Kepala Dinas Dikpora H Ujang Sugiono SH, Kepala SMA-SMA di Kebumen dan lain sebagainya.

    Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz mengemukakan, puncak HUT SMA 1 Kebumen ke-57 yang juga diisi sosialisasi sekolah rujukan itu merupakan langkah maju dan strategis untuk pembinaan, percepatan, dan peningkatan mutu sekolah. "Di samping itu memberikan motivasi dalam mengembangkan sekolah berstandar internasional serta menjadi rujukan dan contoh bagi sekolah lain," terangnya.

    Ketua Panitia HUT ke-57 SMA 1 Kebumen Sugiyanto mengatakan, sosialisasi sekolah rujukan yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan ulang tahun kali ini akan dilanjutkan dengan seminar kewirausahaan. Pembicara yang dihadirkan dari alumni SMA 1 Kebumen. Termasuk Danrem 082 CPYJ Mojokerto Kolonel Kav Gathut Setyo Utomo yang mengisi seminar kebangsaan baru-baru ini.

    Selanjutnya Prof Dr Muhammad Zaeni yang akan mengisi seminar pendidikan. Dalam kesempatan itu juga diserahkan beasiswa bagi 75 siswa dari ikatan alumni SMA 1 Kebumen. "Rangkaian HUT SAMA 1 Kebumen ke-57 ini dimulai sejak 23 Juli sampai 1 Agustus. Kegiatannya internal dan eksternal antara lain lomba-lomba, market day, senam, dan jalan sehat," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top