• Berita Terkini

    Sunday, August 14, 2016

    Sentra Sangkar Burung Jadi Kampung KB

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Desa Depokrejo Kecamatan Kebumen yang selama ini lebih dikenal sebagai wilayah sentra sangkar burung terpilih menjadi Kampung KB. Dan, Dukuh Gesikan tepatnya RW 3 desa setempat dipilih sebagai kampung KB. Pencanangan Kampung KB dilakukan Camat Kebumen Sumarno SOS di kantor balai desa setempat, Sabtu (13/8/2016).

    Peresmian juga dihadiri oleh seluruh jajaran Muspika Kebumen, tokoh masyarakat dan warga Desa Deporejo. Tampak Hadir juga kepala Puskesmas III Kebumen H Tri Tunggal Eko Sapto SKM MPH.

    Kepala UPTD Kantor Pemberdayaan Perempuan dan dan Keluarga (PPKB) Kebumen Indriono Sumartono SIP MM dalam sambutannya menyampaikan alasan Dukuh Gesikan dijadikan kampung KB. Dukuh Gesikan merupakan daerah persawahan yang padat penduduk dengan keikutsertan KB masih rendah. Saat ini belum terdapat 60 persen dari penduduk Gesikan  yang mengikuti perogram KB. “Ini menjadikan Dukuh Gesikan Strategis untuk menjadi Kampung KB,” tuturnya.


    Dengan adanya kampung KB lanjutnya, bermanfaat untuk membumikan KB di kehidupan masyarakat, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah masing-masing. Program ini juga akan memberi arah dan pedoman bagi para tanggungjawab program KB di tingkat kecamatan dan desa. Dengan berKB diharapkan kebutuhan pendidikan bagi anak akan dipenuhi dengan baik. “Dengan hanya dua anak, diharapkan keluarga akan mampu merawat dan mencukupi segala kebutuhan yang diperlukan,” terangnya.

    Kepala Desa Depokrejo Suhadi pun menyambut baik adanya kampung KB di wilayahnya. Diharapkan adanya program kampung KB ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan desa yang mempunyai julukan seribu bambu itu. "Program ini dapat berjalan dengan baik, manakala mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Masyarakat diharapkan antusias mendukung demi kesejahteraan bersama,” paparnya.

    Sementara itu kepala Puskesmas III Kebumen H Tri Tunggal Eko Sapto SKM MPH dalam sambutannya menyampaikan tiga program unggulan Bupati Kebumen Ir Mohammad Yahya Fuad SE pada kesehatan, yakni ambulan gratis, gerakan anti merokok dan gelang bagi ibu hami. Untuk gelang bagi ibu hamil terdapat tiga warna yakni hijau untuk kehamilan sehat. Kuning untuk kehamilan resiko tinggi (resti) bagi warga mampu dan merah untuk kehamilan resti bagi warga miskin. “Saya harap ibu hamil mau memakai gelang keret tersebut, itu demi memudahkan petugas melakukan penanganan,” paparnya.
    Berkaitan program KB, Eko pun menyampaikan bahwa pelayanan program KB di Puskesmas  III Kebumen gratis bagi semua warga yang mempunyai BPJS. Semua alat kontrasepsi meliputi pil, suntik, IUD/spiral, norplan atau susuk, kondom diberikan gratis. “Bagi pengguna BPJS semuanya gratis,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top