• Berita Terkini

    Sunday, August 14, 2016

    Sensasi Berburu Belanak di Muara Luk Ulo

    saefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Muara sungai Luk Ulo, persisnya di Desa Tanggulangin Kecamatan Klirong, menjadi jujugan para pemancing. Hampir setiap hari, puluhan bahkan ratusan pemancing memenuhi area itu. Pemandangan pemancing berderet-deret mengadu ketrampilan mengail ikan pun menjadi pemandangan lumrah dalam beberapa hari terakhir.

    Ikan belanak menjadi sasaran perburuan mereka. Ikan yang mempunyai ciri panjang bersisik putih dan mempunyai daya renang cepat ini rupanya menjadi pemikat bagi para pemancing yang rela duduk berjam-jam mengadu untung.

    Kirno (38) salah satu pemancing asal Kebumen kepada Ekspres mengatakan menangkap ikan belanak dengan kail menjadi tantangan mengasyikkan bagi mereka. Selain membutuhkan ketrampilan untuk menangkap ikan itu, lokasi pemancingan menjadi tantangan lainnya. Bila kurang beruntung, alih-alih dapat ikan, kail mereka malah tersangkut sampah. Belum lagi, hilir mudiknya perahu para penambang pasir seringkali membuat ikan menjauh dari mata kail karena takut. "Untuk memacing ikan belanak emang gampang gampang susah karena umpannya harus dengan adonan dan tidak berbau amis. Kalau berbau amis ikan belanak nggak mau makan, malah yang kena ikan kating," kata Kirno, Minggu (6/8/2016).

    Ungkapan senada diungkap pemancing lain, Ikwanudin (29). Menurutnya, saat ini sebenarnya musim ikan belanak. Namun, mereka harus sabar bila ingin mendapatkan hasil sesuai harapan. "Kalau mancing disini sebenarnya asyik. Selain sudah musim ikan belanak , lokasi ini mudah dijangkau. Tapi ya itu, harus sabar," ujarnya.

    Muara Sungai Luk ulo kini memang menjadi surga bagi para pemancing. Selain menjanjikan hasil tangkapan yang menarik, suasana dan pemandangan di tempat itu juga indah. Selain itu, lokasi yang berada tak jauh dari  wisata mercusuar itu mudah dijangkau. Lokasinya sekitar 3 km arah selatan dari Jalan Daendels dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 ataupun roda 4. (saefur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top