• Berita Terkini

    Sunday, August 14, 2016

    "Segar" Meriahkan HUT RI dengan Senam Sehat Massal

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Paguyuban Senam Sedyo Gawe Rahayu (Segar) punya cara sendiri untuk menyambut HUT Kemerdekaan ke-41 Republik Indonesia. Paguyuban yang berada di bawah naungan Puskesmas Adimulyo itu menggelar senam sehat massal di lapangan Desa Kemujan, Jumat (12/8/2016).

    Ratusan peserta hadir dalam acara senam sehat itu. Tak hanya dari anggota Segar, peserta juga berasal dari anggota TNI, Polri serta pegawai puskesmas dan kecamatan setempat. Bahkan perwakilan paguyuban senam dari Kuwarasan dan Puring juga ikut hadir.

    Nampak pula Kepala Puskesmas Adimulyo dr H Supriyadi, Pj Kapolsek Iptu Khadik Widayat serta Camat Ir H Suto Hadi Andoyo.

    Meski sebagian besar peserta sudah lanjut usia (lansia), namun mereka tetap bersemangat mengikuti tiap gerakan senam yang diperagakan instruktur.
    "Ayo pada semangat semua, jangan lemes-lemes biar badannya sehat," teriak sang instruktur menyemangati peserta senam.

    Pembina Paguyuban Senam Segar yang juga Kepala Puskesmas Adimulyo dr H Supriyadi menuturkan, senam sehat massal seperti ini sebenarnya agenda rutin yang digelar tiap bulan. "Berhubung ada momentum HUT Kemerdekaan, kita pun menggelar senam. Sehatnya dapat, silahturahmi dan perayaannya pun dapat," kata dr Supriyadi.

    Ditambahkan dr Supriyadi, kegiatan seperti ini juga menjadi media efektif untuk program promosi kesehatan masyarakat yang tengah digencarkan pemerintah. Biasanya seusai senam, peserta diberi sosialisasi tentang kesehatan, seperti Pola hidup bersih sehat (PHBS), kesehatan lingkungan hingga penyakit HIV AIDS.
    "Di tingkat Pos, bahkan kini juga diberikan siraman rohani oleh ustad/ustadzah setempat," imbuhnya.

    Supriyadi mengaku sangat bangga dan mengapresiasi semangat Paguyuban Senam Segar yang terus melestarikan senam sehat. Bahkan saat ini jumlah anggotanya sudah mencapai ribuan yang tersebar di seluruh Adimulyo. Mereka berasal dari berbagai latar belakang mulai dari pensiunan dan pegawai aktif beserta keluarganya maupun masyarakat umum.

    Tiap hari, kata Supriyadi, mereka secara aktif melakukan senam lansia bersama di berbagai lokasi. Sementara untuk moment-moment tertentu, seluruh anggota mengikuti senam bersama di satu lokasi.

    "Kadang kita juga menggelar senam di lokasi obyek wisata seperti di Pantai Suwuk. Selain untuk refreshing, juga agar anggota tidak jenuh," tutur dia sembari menyebutkan jika misi Paguyuban Senam Segar adalah untuk mewujudkan lansia yang sehat, gembira dan tetap energik meski sudah berusia lanjut. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top