• Berita Terkini

    Monday, August 15, 2016

    Peringatan HUT RI ke 71 di Tegal bakal Gunakan Bendera Khusus dari Pusat

    SLAWI - Ada yang istimewa diupacara  peringatan detik - detik Proklamasi, HUT RI Ke 71 mendatang. Bendera yang akan dikibarkan diupacara tingkat Kabupaten Tegal di halaman pemkab langsung dikirim dari pusat. Seluruh ukuran bendera senusantara dihari itu dipastikan seragam, karena pusat mengirimkan bendera untuk masing - masing kota dan kabupaten se Indonesia.

    Hal itu dilontarkan sekretaris daerah Haron Bagas Prakoso dihadapan bupati Enthus Susmono dan segenap panitia peringatan HUT RI ke 71 dikantor Kesbangpol dan Linmas, Senin ( 15/8) pagi kemarin. " Ini adalah sejarah baru dalam peringatan detik - detik proklamasi, dimana pusat berinisiatif menyeragamkan ukuran bendera di hari bersejarah tersebut. Jadi dipastikan semua bendera yang berkibar di ibukota dan kabupaten se Indonesia akan baru dengan ukuran yang sama," ujarnya. Sementara itu bupati mengusulkan dirangkaian peringatan kali ini, turut digelar lomba adzan dengan 'langgam' Jawa Cirebonan.

    " Lomba adzan langgam Jawa Cirebonan itu diupayakan bisa digelar di Masjid Agung Slawi seusai sholat Jumat 19 Agustus 2016 mendatang," pintanya. Dia juga meminta dindikpora untuk mengirimkan pelajar sebanyak - banyaknya dipuncak malam kenegaraan 17 Agustus 2016 malam, karena pihaknya akan menggelar wayang hiphop dari Jogkakarta. Dia ingin pelajar sekarang mengenal budaya wayang yang telah dimodifikasi agar akar budaya tersebut tidak hilang tergerus modernisasi.

    Sekretaris panitia peringatan HUT RI 71 tingkat Kabupaten Tegal Agus Sunarja mengaku surat dari sekretaris negara terkait pedoman peringatan HUT RI baru diterima 11 Agustus 2016 silam.
    Namun pihaknya mengaku langsung melakukan upaya jemput bola sehingga terbitlah SK bupati untuk pembentukan panitia dengan mengakomodir juklak pelaksanaan tahun sebelumnya. Dia mengaku untuk tingkat Kabupaten Tegal kegiatan rangkaian peringatan HUT RI sudah digulirkan sejak tanggal 1 hingga 31 Agustus 2016 mendatang.

    Dari penuturan sie lomba Kasdim 0712/ Tegal Mayor ( Inf) Setyono terkuak untuk lomba hadroh tingkat kabupaten sudah dilangsungkan tanggal 5 Agustus 2016, murral atau melukus dinding dihari berikutnya yang dipusatkan di Desa Penusupan Pangkah, tenis lapangan dikomplek rumah dinas bupati sedang berlangsung, dan untuk lomba kuntulan akan digelar dikomplek Trasa 20 Agustus 2016 mendatang.

    " Untuk lomba catur digelar 27 Agustus 2016 dan tenis meja ditanggal 28 Agustus 2016," tuturnya. Dan dari keterangan panitia karnaval Sutarmadi dari Bapeda menyatakan karnaval positif digelar selama dua hari Sabtu ( 20/8) siang untuk tingkat pelajar dan Minggu ( 21/8) siang untuk instansi dan umum.

    Sesuai masukan dari Polres Tegal, karnaval kali ini akan melintasi jalan kabupaten dan penggal jalan provinsi serta tidak melintasi jalan nasional. Rute pemberangkatan dari GOR Tri Sanja menuju kearah selatan patung obor, melintasi depan Mapolres berbelok ke SMAN1 Slawi dan berakhir dirumah dinas bupati. ( her)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top