• Berita Terkini

    Monday, August 1, 2016

    Pembuang Bayi Puring Ditangkap, ternyata Ibu Kandung Korban

    dok/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Polisi tak butuh waktu lama untuk mengungkap kasus penemuan mayat bayi yang ditemukan dalam kardus di Desa Banjarejo Kecamatan Puring, Minggu (31/7/2016) sekitar pukul 14.00 WIB. Kurang dari 24 jam, pelaku pembuang jabang bayi malang itu akhirnya berhasil dibekuk tim Resmob Satreskrim Polres Kebumen. Pelaku ternyata RS (40), yang tak lain adalah ibu kandung bayi tak berdosa itu.

    Mirisnya, pelaku nekat membunuh jabang itu karena terhimpit ekonomi. Diketahui korban sudah memiliki empat anak dan takut jika suaminya tahu dia hamil lagi.
    "Jadi selama ini pelaku menyembunyikan kehamilannya pada suaminya, bahkan dia mengaku tidak hamil meski perutnya terlihat membesar. Kepada suaminya dia juga mengaku rajin KB sehingga tidak mungkin hamil lagi," tutur Kapolres Kebumen AKBP Alpen SH SIK MH melalui keterangan yang disampaikan Kasatreskrim AKP Willy Budiyanto SH kepada Ekspres, Senin (1/8/2016).

    Willy menuturkan, pelaku mengaku melahirkan bayinya di kamar mandi pada Jumat (29/7) sekitar pukul 04.00 WIB. Namun karena takut diketahui suami dan keluarga, dia akhirnya tega membunuh sang jabang bayi dengan cara membungkam mulut bayi hingga kehabisan nafas dan meninggal. Setelah meninggal, bayi itu kemudian ditaruh di dalam tas dan disimpan di dalam kamar rumahnya.

    Tindakan itu baru ketahuan saat ada teman anak tersangka datang ke rumah hendak meminjam tas. Saat membuka tas di dalam kardus disalah satu kamar, teman anaak tersangka itu malah menjumpai jasad bayi.

    Yang bikin trenyuh, dalam pengakuannya kepada petugas, pelaku juga sudah menyiapkan liang lahat di belakang rumahnya. Beruntung aksinya keburu ketahuan warga.
    "Jadi ada warga yang menemukan tas, setelah dibuka ternyata isinya mayat bayi. Temuan itu kemudian dilaporkan ke pihak kepolisian," imbuh Willy.

    Dari laporan tersebut, kata Willy, pihaknya segera melakukan olah TKP yang juga rumah tersangka. Sementara jasad bayi dikirim ke RS Margono Banyumas untuk dilakukan autopsi.

    Sejak awal, kata Willy, petugas sudah menaruh kecurigaan kepada penghuni rumah tersebut. Kejelian petugas akhirnya berhasil mengungkap kasus itu dan menangkap pelaku tanpa perlawanan di rumahnya.  Saat ini pelaku sudah kami amankan dan ditahan di Mapolres guna penyelidikan lebih lanjut," tuntas Willy.

    Seperti diberitakan, penemuan mayat bayi gegerkan warga Desa Banjareja, Kecamatan Puring, Minggu (31/7). Saat ditemukan, bayi malang itu berada dalam sebuah tas yang ditaruh dalam sebuah kotak kardus. Mayat bayi yang diperkirakan sudah meninggal dua hari sebelum ditemukan itu masih dijumpai tali pusar. Saat ini, polisi masih mengumpulkan data dari para saksi serta keterangan warga sekitar mengenai perilaku tersangka yang sangat menyimpang lantaran tega membunuh anak kandung sendiri yang baru dilahirkan. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top