• Berita Terkini

    Tuesday, August 23, 2016

    Mobil Hias Anti Rokok Dominasi Karnaval Pembangunan

    sudarnoahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Karnaval pembangunan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI di Kabupaten Kebumen berlangsung cukup meriah. Ratusan mobil hias menyemarakkan karnaval yang digelar di dalam Kota Kebumen, Selasa (23/8/2016).

    Karnaval pembangunan kemarin disambut antusias masyarakat yang seolah merindukan acara tersebut. Akibat membludaknya penonton, karnaval pembangunan itu juga memacetkan arus lalu lintas dari berbagai penjuru yang menuju ke dalam kota Kebumen. Sebab, jalan utama yang menuju ke dalam Kota Kebumen, baik dari barat, timur, selatan, dan utara, dipenuhi oleh warga yang menyaksikan acara yang rutin digelar setahun sekali itu.

    Penonton dari desa-desa di daerah itu menumpuk. Sebagian dari mereka datang secara rombongan. Sebagian yang lain mencarter mobil pribadi dan naik sepeda motor. Bahkan, tidak sedikit dari penonton tersebut yang nekat naik sepeda onthel dan berjalan kaki. Karnaval yang dimulai sejak pukul 13.00 dan menempuh jarak sekitar lima kilometer itu berakhir pada pukul 17.30 WIB. Karnaval itupun berjalan aman dan lancar.

    Pawai mobil hias itu sendiri diikuti sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Kebumen, BUMN/BUMD, perbankan, swasta, Perguruan Tinggi, pelajar SMP hingga SMA, partai politik, kelompok seni, Polres, Kodim dan banyak lagi lainnya.

    Kali ini pawai karnaval mobil hias di Kebumen menempuh rute star di Alun-alun Kebumen-Jalan Pahlawan-Jalan A Yani-Jalan Indrakila-Jalan Tentara Pelajar-Jalan HM Sarbini dan berakhir di Alun-alun Kebumen. Warga terlihat berkerumun di sepanjang jalan menyaksikan keunikan mobil yang dihias dengan berbagai tema.

    Sebagian besar mobil hias bertema pembangunan yang ada di Kabupaten Kebumen, mulai dari kapal laut, replika gedung pemerintah, replika masjid, replika ikan laut,  dan masih banyak lagi. Namun, dari sekian banyak mobil hias didominasi oleh mobil hias tentang bahayanya merokok. Hal ini sesuai dengan program Bupati HM Yahya Fuad yang mencanangkan Gerakan Anti Merokok.

    Mobil yang mengusung tema bahayanya merokok, diantaranya mobil hias dari Sekretariat Daerah (Setda) Kebumen, SMP Muhammadiyah 2 Kebumen, hingga STIKES Muhammadiyah Gombong.

    Tak ketinggalan, sejumlah mobil hias dari SKPD juga memajang foto, serta memamerkan program-program yang sudah dan akan dikerjakan. Di sepanjang perjalanan, mereka mempromosikan tentang tugas dan tanggung jawab instansinya dalam mengemban tugas-tugas pemerintah dan upayanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Karnaval pembangunan kemarin juga disaksikan langsung oleh Bupati HM Yahya Fuad, Wakil Bupati Yazid Mahfudz, Ketua DPRD Cipto Waluyo, Kapolres AKBP Alpen, Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol CZI Priyo Sambodo, Ketua Kejaksaan Negeri, anggota DPRD Kebumen, Sekda Adi Pandoyo, serta pimpinan SKPD lain di panggung kehormatan yang berada di depan Pasar Tumenggungan Kebumen.

    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kebumen Hery Setyanto mengatakan, kegiatan itu bertujuan menjalin kebersamaan, menyuguhkan hasil pembangunan Kebumen. Serta memberikan hiburan gratis kepada masyarakat yang ada di Kebumen. (ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top