• Berita Terkini

    Jumat, 19 Agustus 2016

    Klenteng Kong Hwie Kiong Bagikan 1.100 Paket Sembako di Hari Kemerdekaan

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Perayaan King Hoo Ping di Klenteng Kong Hwie Kiong Kebumen diisi dengan pembagian sembako gratis kepada warga kurang beruntung di Kebumen, kemarin. Sebanyak 1.100 paket sembako dibagikan kepada warga yang tinggal di sekitar klenteng.

    Sejak pukul 11.00 WIB, sudah ada warga antre untuk mendapatkan paket sembako gratis yang selalu digelar rutin setiap tahunnya. Pembagian sembako dengan beras sekitar 3,3 ton itu dilakukan usai digelar ritual sembahyang King Hoo Ping atau Sembahyang Rebutan di Kelenteng Kong Hwie Kiong Kebumen. Warga sekitar kelenteng yang telah menerima kupon datang kemudian menukarkan kupon dengan paket sembako terdiri atas beras, mi instan dan aneka kue tersebut.

    Pengurus rumah tangga Klenteng Kong Hwie Kiong Tjen Lay, mengatakan pembagian paket sembako gratis tersebut sebagai laku cinta bakti sebagai sesama mahluk. Kegiatan tersebut dipersembahkan kepada arwah leluhur, orangtua, maupun orang-orang yang telah mendahului mereka. "Kita berbagi dengan warga yang kurang beruntung," kata Tjen Lay, disela-sela kegiatan bakti sosial tersebut.

    Tjen Lay, menjelaskan tradisi King Hoo Ping atau sembahyang arwah selalu digelar ruti oleh warga keturunan Tiong Hoa di Kebumen. Pada tradisi yang dipimpin oleh sesepuh klenteng ini di persembahkan sejumlah sesajian yang ditaruh ditaruh di atas. Sesaji tersebut berupa lauk pauk, nasi, kue, buah, dan minuman.

    Upacara King Hoo Ping dilaksanakan pada bulan ke-7 Imlek, atau biasanya jatuh pada sekitar bulan Agustus. Upacara bertujuan untuk menghormati arwah leluhur, orang tua, kakek, nenek, baik yang dikenal maupun tidak dikenal. "Acara kita mulai dengan sembahyang bersama pada paginya, baru siangnya kita bagikan paket sembako," ungkapnya.
    Ia mengatakan, sembahyang King Hoo Ping merupakan pernyataan perwujudan cita berbakti umat Khonghucu, sebagai penghormatan dan pengenangan kembali atas arwah leluhur, saudara, sahabat yang telah mendahului.Sesaji yang dihidangkan antara lain, lauk, kue, beberapa jenis minuman dan buah.
    Acara bagi-bagi sembako sangat istimewa karena dihadiri Bupati Kebumen HM Yahya Fuad, Kapolres Kebumen AKBP Alpen, dan Dandim 0709 Letkol Czi Priyo Sambodo. Tampak pula Ketua Yayasan TITD Kong Hwie Kiong, Sugeng Budiawan dan sejumlah tokoh Tionghoa. Acara berlangsung tertib hingga seluruh paket sembako yang disediakan ludes.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top