• Berita Terkini

    Senin, 29 Agustus 2016

    Kelurahan Kebumen Bayar PBB Pakai Sampah

    sudarno ahmad/ekspres
    3000 Peserta Meriahkan Jalan Sehat
    KEBUMEN - Kelurahan Kebumen melakukan terobosan baru untuk mengatasi tunggakan pajak bumi dan bangunan (PBB) warganya. Inovasi baru tersebut, yaitu setiap warga tidak perlu lagi membayar pajak PBB menggunakan uang tunai. Tetapi, warga cukup menyetorkan sampah kepada petugas.

    Pada tahun lalu, program bank sampah, yang diberi nama Sampah untuk Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (Samiun) itu Kelurahan Kebumen berhasil menyetorkan dana hingga 96 persen lebih dari total tagihan PBB. Padahal tahun-tahun sebelumnya maksimal hanya 70 persen.

    Lurah Kebumen Dede Suntoro, menyatakan untuk tahun ini hingga Agustus, dari total tagihan PBB Rp 737,5 juta lebih, dana sudah terbayarkan mencapai 90 persen. "Warga terbantu dengan program Samiun ini. Jadi mereka merasa tidak membayar PBB, tapi kita yang bayarin. Padahal itu hasil dari sampah-sampah yang mereka kumpulkan," beber Dede Suntoro, kepada Kebumen Ekspres, disela-sela acara Jalan Sehat di Pendopo Kelurahan Kebumen, Minggu (28/8/2016).

    Dengan program tersebut, kata Dede Suntoro, warga tidak terbebani lagi dengan tarikan membayar pajak PBB. Selain itu, juga memudahkan petugas dalam memungut iuran pajak.

    "Jadi mereka setor sampah, kita kasih buku tabungannya yang dalam satu tahun kelihatan tabungannya ada berapa. Itu yang untuk bayar PBB," ungkap mantan Lurah Tamanwinangun, Kecamatan Kebumen, ini.

    Jika nilai tabungannya melebihi tanggungan pajak PBB, lanjut Dede, maka sisanya tersebut akan dimasukan ke dalam tabungan untuk membayar pajak PBB tahun depan. "Mereka setor ke Kelurahan, kami yang mengelola. Kami yang memilah sampahnya," tegasnya.

    Bupati Kebumen HM Yahya Fuad, yang hadir pada acara jalan sehat itu mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Kelurahan Kebumen. Ia berharap terobosan baru tersebut dapat ditiru oleh pemerintah desa maupun kelurahan lain di Kabupaten Kebumen.

    Selain bupati, acara jalan sehat dalam rangka memeriahkan HUT ke-71 Kemerdekaan RI di Kelurahan Kebumen itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kebumen Miftahul Ulum, Ketua TP PKK Kabupaten Kebumen Lilis Nuryani Yahya Fuad, Camat Kebumen Sumarno, serta para perangkat kelurahan setempat.

    Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI Kelurahan Kebumen M Sadikin, mengatakan acara jalan sehat tersebut merupakan puncak acara dari rangkaian peringatan HUT RI di Kelurahan Kebumen. Ia menyebut jumlah peserta yang mengikuti jalan sehat yang dilepas oleh Bupati HM Yahya Fuad, itu mencapai 3000 peserta. Mereka berasal dari 7 RW dan 44 RT. (ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top