• Berita Terkini

    Saturday, August 6, 2016

    Kaum Perempuan di Kecamatan Gombong Ikuti Tes Pap Smear Gratis

    SUPRIYADIFOR EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kanker serviks (kankerleher rahim) menjadi penyakit penyebab kematian yang menempati urutan ke 2 kanker seluruh dunia. Oleh sebab itu, penyakit ini sangat ditakuti oleh setiap perempuan. Namun dengan deteksi dini, bahaya penyakit itu bukan tak bisa dilawan.

    Itu pula yang membuat kaum perempuan di PKK Kecamatan Gombong secara suka rela memeriksakan diri untuk diperiksa. Bertempat di Gedung Balai Penyuluhan Kesehatan KB Kecamatan Gombong, Kamis (4/8/2016), sebanyak 126 orang mendapatkan pelayanan pemeriksaan papsmear gratis dari RS PKU Muhammadiyah Gombong. Sebelum dilakukan pemeriksaan, kaum ibu itu mendapat penyuluhan dari dokter Sri Hidayah NS spesialis Patologi Anatomi RS PKU Muhammadiyah Gombong. Kegiatan itu juga dipantau  Tim Penggerak PKK Pokja 4 Kebumen.

    Pada kesempatan itu, dokter Sri Hidayah menyampaikan pentingnya pemeriksaan papsmear. "Bagi yang tahun ini sudah pernah diperiksa, tidak bisa dilakukan pemeriksaan karena cukup 1 tahun sekali minimal dan 2 tahun sekali maksimal," katanya.

    Dia juga menjelaskan, deteksi dini kanker leher rahim bisa dengan beberapa cara, salah satunya dengan pemeriksaan pap smear. Meskipun sama sama bertujuan dan sangat bermanfaat untuk deteksi dini kanker leher rahim atau kanker servik ada perbedaan antara pemeriksaan pap smear dan pemeriksaan IVA test. Pada Pemeriksaan pap smear tidak hanya dilihat secara visual mata telanjang saja seperti pada pemeriksaan IVA test, tetapi juga di ambil sampel sel sel dari lapisan luar dan dalam servik kemudian diperiksa dengan mikroskop oleh dokter spesialis Anatomi Patologi.
    "Dengan terdeteksinya secara dini penyakit tersebut pada seorang ibu, sehingga akan cepat tertangani penyakit kanker tersebut sehingga ibu yang mengidap penyakit tersebut bisa sembuh optimal karena adanya pemeriksaan dini tersebut," jelas Sri Hidayah.

    Sri Hidayah mengatakan, pemeriksaan pap smear tak hanya dilakukan di Kecamatan Gombong. Sebelumnya, kegiatan serupa sudah digelar di Kelurahan Candi Kecamatan Karanganyar yang diikuti 32 orang, di Laborat RS PKU Muhammadiyah Gombong sebanyak 50 orang dan di Dinas Kelautan Kebumen 9 orang juga di RS PKU Petanahan 28 peserta. "Kedepan direncanakan akan digelar di MPS Sempor dengan peserta 61 orang," katanya sembari mengatakan, hasil papsmear bisa dilihat hasilnya satu minggu. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top