• Berita Terkini

    Monday, August 8, 2016

    CJH dari Sembilan Embarkasi Tiba di Madinah Hari Ini

    MADINAH – Kloter pertama calon jamaah haji (CJH) Indonesia dijadwalkan tiba hari ini  (9/8) di tanah suci. Mereka akan mendarat di Bandara Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.



    Data dari kementerian agama, hari ini ada sembilan embarkasi yang memberangkatkan jamaah kloter 1 masing-masing.  Embarkasi padang berangkat pukul 06.25 WIB, Embarkasi Jakarta Pondok Gede pukul 08.25 WIB, Embarkasi Batam pukul 09.30 WIB, Embarkasi Makassar pukul 09.40 WITA, Embarkasi Jakarta Bekasi dan Surabaya pukul 10.30 WIB, Embarkasi Medan pukul 12.30 WIB,  dan Embarkasi Banjarmasin pukul 13.30 WITA.


    Khusus untuk Embarkasi Jakarta Pondok Gede dan Embarkasi Solo, masing-masing memberangkatkan dua kloter.  Artinya, total hari ini ada 11 kloter yang diberangkatkan menuju Madinah.


    Sementara itu, tiga embarkasi akan memberangkatkan kloter 1 mereka pada 10 Agustus 2016 (besok). Yakni Embarkasi Balikpapan pukul 01.25 WITA, Embarkasi Palembang pukul 08.30, dan Embarkasi Aceh pukul 19.20 WIB.

    Hanya Embarkasi Lombok saja yang dijadwalkan baru mulai memberangkatkan jamaah mereka pada gelombang kedua. Kloter  pertama berangkat pada 23 Agustus, pukul 09.05 WITA.


    Kepala Daker Airport PPIH Arab Saudi Nurul Badruttamam mengungkapan, pihaknya sudah siap menyambut kedatangan jamaah haji kloter pertama di Madinah. Kemarin sore, tim juga sudah melakukan survei di Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah. Estimasi awal, CJH yang pertama kali datang di Madinah adalah kloter 1 dari Embarkasi Padang. Mereka dijadwalkan tiba sekitar pukul 10.45. ”Pukul 08.00 pagi besok (hari ini, red) kami sudah beragkat ke bandara untuk menyiapkan penyambutan kedatangan calon jamaah haji,” ujarnya.



    Persiapan juga sudah dilakukan tim lain yang tergabung dalam PPIH Daker Madinah. Misalnya tim sektor khusus (seksus) Masjid Nabawi. Kemarin siang, sekitar 19 orang angota tim seksus melakukan survei untuk penempatan petugas. Mereka bertugas membantu dan mengarahkan setiap jamaah yang melaksanakan ibadah di Masjid Nabi itu.  ”Kami membagi tim dalam tiga pos. Tapi ada juga petugas yang mobile di dalam maupun di sekitar Masjid Nabawi,” ujar ketua Seksus Masjid Nabawi Slamet Budiyono.

    Masjid Nabawi memang akan menjadi pusat aktivitas CJH gelombang pertama. Selama delapan hari mereka akan melakukan ibadah arbain, yakni salat wajib 40 waktu di Masjid Nabawi. Setelah itu mereka akan bergeser ke Makkah.


    Kondisi Masjid Nabawi kemarin tampak sudah ramai. Sebab, beberapa calon jamaah haji dari negara lain sudah ada yang tiba di Madinah. Di antaranya, CJH asal Malaysia, India, Thailand, Pakistan, dan Turki. Sama dengan jamaah dari Indonesia, mereka juga melaksanakan ibadah arbain.


    Cuaca di Madinah kemarin siang juga sudah terasa panas. Pada pagi hari, suhu berada di kisaran 33 derajat celsius, sementara siang mencapai 46 derajat celsius. Sinar matahari siang terasa sangat menyengat di kulit, terutama wajah. Semprotan air berisi zam zam sangat membantu jamaah untuk mendinginkan dan menjaga kelembaban wajah.


    Total kuota jamaah haji indonesia tahun ini sebesar 168.800 (bukan 186.800 seperti yang diberitakan kemarin). Terdiri dari 155.200 jamaah haji reguler dan 13.600 jamaah haji khusus. Mereka akan diberangkatkan  melalui 384 kloter. Rinciannya, 212 kloter pada gelombang pertama dan 172 kloter pada gelombang kedua. (fat)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top