• Berita Terkini

    Monday, August 22, 2016

    Bupati Bastian Tinjau Situs Batu Sidomulyo

    PURWOREJO- Kabar penemuan batu yang mirip situs candi di Bukit Pajangan, Dukuh Makem Dowo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Purworejo menarik ratusan orang untuk mengunjunginya. Tidak terkecuali Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM yang menyempatkan menyaksikan fenomena alam itu.

    Menurut Bupati, batu-batu tersebut seperti sengaja ditumpuk, ditata hingga sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti itu. Hanya saja, mungkin peradabannya berbeda dan lebih tua dibandingkan dengan candi Borobudur.

    "Saya juga kurang tahu juga, tetapi kalau saya melihat struktur batunya, itu batu yang ditata sedemikian rupa, barangkali berumur ratusan tahun bahkan mungkin ribuan tahun yang lalu terbentuk," ujarnya.

    Bupati memperkirakan, selain situs di sini masih banyak situs lain yang dapat ditemukan dan dapat menjadi tempat wisata baru di Kabupaten Purworejo. "Ternyata kekayaan di Purworejo sangat luar biasa. Tentunya masih banyak situs-situs lain yang dapat ditemukan dan bisa sebagai obyek wisata," kata Bupati.

    Terkait tindak lanjut dari Pemkab setelah ditemukannya batuan ini, Bupati mengatakan belum ada rencana kedepannya karena tanah tersebut tanah milik masyarakat bukan tanah milik Pemkab. Akan tetapi harapannya situs batu tersebut dapat menjadi tempat wisata baru.

    "Tanah bukan milik Pemda, jadi nanti kita bersama-sama masyarakat untuk menata kawasan ini agar bisa menjadi kawasan wisata baru di Kabupaten Purworejo. Tentunya kawasan ini memerlukan perbaikan infrastruktur. Saat ini hanya sepeda motor yang bisa masuk. Kedepan kendaraan roda empat diharapkan bisa sampai lokasi," tuturnya.

    Bupati juga menghimbau kepada masyarakat yang berkunjung untuk berhati-hati dan berharap kepada pihak yang terkait seperti Kades maupun Camat untuk mempersiapkan pengaman untuk naik ke situs. “Saya menyebutnya situs karena berbentuk tumpukan batu, bukan batu kars dan berbeda dengan yang terdapat di Gunungkidul. Ini sebetulnya wisata purbakala yang sangat menarik," pungkasnya. (ndi)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top