• Berita Terkini

    Monday, August 29, 2016

    Buluspesantren Luncurkan Klinik APBDes, Jadi yang Pertama di Kebumen

    imam/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kecamatan Buluspesantren kini punya klinik APBDes. Klinik itu merupakan tempat untuk konsultasi APBDes bagi desa-desa dalam rangka mendukung akuntabilitas keuangan desa.

    Klinik APBDes diresmikan secara langsung oleh Bupati Kebumen Ir H Mohammad Yahya Fuad SE, Jumat (26/8/2016) malam. Peresmian dibarengkan dengan peringatan HUT RI ke 71 yang menghadirkan pegelaran wayang kulit semalam suntuk menghadirkan dalang kondang Ki Basuki Hendro Prayitno dari Kecamatan Ambal Kebumen dengan lakon Petruk dadi ratu.. Hadir dalam peresmian itu Sekda Kebumen H Adi Pandoyo SH MSi, Muspika Buluspesantren dan Kepala Desa se Kecamatan Buluspesantren dan Padureso.

    Ketua Klinik APBDes Parno SIP MM mengatakan, klinik APBDes adalah inovasi baru yang digagas untuk meningkatkan peran aktif aparat birokrasi di Kecamatan Buluspesantren. Ini untuk memberikan pelayanan kepada pemerintah desa dalam mengelola keuangan. Pendirian klinik bertujuan membentuk team work (kerja tim) yang efektif di tingkat kecamatan sehingga dapat membina pemerintah desa hingga maksimal.

    Selain itu, keberadaan klinik APBDes juga akan meningkatkan kapasitas dan intergritas pemerintah desa. Meningkatkan pelayanan publik di pemerintah desa, melaksanakan program pembanguan yang terencana dengan tepat waktu dan tepat sasaran. Terwujudnya akuntabilitas keuangan desa yang dapat dipertanggungjawabkan dan tersedianya ruang atau tempat khusus di kecamatan untuk konsultasi bagi aparat pemerintah desa. “Jika desa berkonsultasi, maka penggunaan ADD maupun DD aman dari ancaman hukum,” paparnya.

    Camat Buluspesantren Sunarno SH mengatakan, keberadaan klinik tersebut, juga agar desa mampu merancanakan melaksanakan dan melaporkan APBDes tepat waktu. Petugas klinik telah mengikuti pelatihan dengan baik, sehingga mempunyai kompetensi yang dapat diandalkan. “Klinik APBDes Buluspesantren, merupakan yang pertama dan satu-satunya di Kabupaten Kebumen,” paparnya, sembari berharap klinik dapat dicontoh di kecamatan lain.

    Sementara itu Bupati Kebumen Ir HM Yahya Fuad SE mengapresiasi dengan keberadaan klinik ABPDes tersebut. Keberadaan klinik akan berdampak positif bagi seluruh desa di Kecamatan Buluspesantren. “Semoga ini menjadi awal yang baik,” ucapnya.

    Ketua Panitia pelaksana Surudin SPd mengatakan peluncuran klinik APBDes dan pagelaran wayang kulit suntuk menjadi puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Kecamatan Buluspesantren. Sebelumnya, telah digelar serangkaian kegiatan dari pelaksanaan lomba-lomba hingga upacara peringatan detik-detik proklamasi yang dilaksanakan di lapangan Setrojenar.

    Adapun lomba yang digelar meliputi lomba anak-anak, olah raga hingga lomba Kebersihan, Keindahan, Ketiban (K3) desa. Lomba K3 diikuti oleh semua desa di wilayah Kecamatan Buluspesantren. “Kita juga melakukan ziarah kemakam Sukarman yang berada di Desa Brecong. Dia merupakan pahlawan yang merebut kemerdekaan dan gugur pada tahun 1948,” terangnya sembari berharap seluruh kegiatan itu  untuk merekatkan hubungan antar masyarakat. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top