• Berita Terkini

    Tuesday, August 30, 2016

    Bentuk Karakter, Siswa PGRI 2 Digembleng

    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Menurunnya kualitas moral dalam kehidupan masyarakat dewasa ini, terutama di kalangan siswa, menuntut perlunya pendidikan dan pembentukan karakter atau character building.

    Terkait hal itu, SMK PGRI 2 Kebumen kembali menggelar pelatihan Basic skills dan Kompetensi Skills bagi siswa-siswi sekolah yang berada di Jl Pangeran Bumidirjo Kawedusan Kebumen. Pembukaan pelatihan ditandai dengan penyematan pin oleh Danramil 01 Kebumen Kapten Arh Rohmat kepada perwakilan siswa, Senin (29/8) di halaman sekolah setempat. Nantinya, pelatihan akan digelar selama tiga hari hingga Rabu (31/8/2016) ini.

    "Kita mengundang pemateri dari Koramil Kebumen, motivator serta praktisi di dunia usaha untuk menggembleng peserta pelatihan," ujar Kepala SMK PGRI 2 Kebumen Je Warsito SE didampingi ketua panitia pelatihan Drs Sayat Iswanto kepada Ekspres usai upacara pembukaan.

    Warsito menuturkan, pelatihan basic dan kompetensi skills memang menjadi program unggulan SMK PGRI 2 Kebumen.

    Melalui pelatihan ini, kata Warsito, diharapkan mampu membentuk karakter siswa yang mumpuni, bertanggung jawab, sopan dan jujur, kreatif serta mampu berpikir positif.
    Perilaku positif ini diharapkan tidak hanya diaplikasikan di lingkungan sekolah saja, tapi juga di keluarga dan lingkungan masyarakat. Sehingga siswa SMK PGRI 2 Kebumen bisa menjadi agen perubahan yang membawa arah positif di tengah masyarakat.

    Disisi lain, lanjut dia, dengan mengikuti kompetensi skill, siswa juga memiliki kompetensi yang dibutuhkan ketika mereka lulus sekolah nantinya.

    "Jadi karakternya kuat, kompetensinya juga dapat. Ini yang menjadi pembeda siswa kami dengan yang lainnya," tegas Warsito yang diamini Sayat Iswanto.

    Danramil Kebumen Kapten Arh Rohmat menuturkan, meski singkat, namun pelatihan iniharus memberi banyak ilmu, wawasan serta keterampilan berharga. "Terpenting ada perubahan ke arah yang lebih baik. Tinggalkan sikap-sikap negatif seperti pemalas, apatis dan tidak percaya diri. Siswa SMK PGRI 2 Kebumen harus terampil, berprestasi dan cepat mengambil inisiatif untuk menghadapi berbagai persoalan," bebernya.

    Pembukaan pelatihan juga dihadiri Kasie Kurikulum dan Peningkatan Mutu SMK Dinas Dikpora Kabupaten Kebumen, Dra Budi Nurhayati  Komite Sekolah, tokoh masyarakat Kawedusan serta sejumlah kepala sekolah mitra SMK PGRI 2 Kebumen.

    Sementara pemateri basic skills diisi tim dari Koramil 01 Kebumen serta motivator Agung Widiyanto dari Plan Internasional. Sedangkan kompetensi skill diisi Eko Wahyu Nugroho beserta tim. (has)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top