• Berita Terkini

    Tuesday, August 2, 2016

    Alat Berat Kembali Diterjunkan Bersihkan Sisa Longsoran

    saefur rohman
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pembersihan material longsor di jalur Kecamatan Karangsambung- Sadang masih dilanjutkan. Selasa (2/8/2016), Tim Gabungan terdiri dari unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) diterjunkan untuk membersihkan material longsor Desa Totogan Kecamatan Karangsambung.

    Sekitar 15 personil dari BPBD dan DPU serta sebagian warga masyarakat dikerahkan kembali untuk membuka saluran air dan dan  jembatan yang tertutup oleh longsor. Selain mengalirkan air yang tersumbat, upaya itu sekaligus untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya longsor susulan dan meluapnya air ke badan jalan jika terjadi hujan. Dua alat berat diterjunkan untuk membuka dan menggali material longsor yang menutupi jembatan.

    Namun, masih banyaknya material longsor yang berada di kolong jembatan tak seluruhnya bisa dijangkau alat berat. Alhasil, satu petugas dikerahkan bersama alat berat untuk menaikan bebatuan yang tidak bisa dikeruk. "Material batu yang di dalam kolong jembatan tidak bisa di angkut pakai alat berat. Karena setiap dikeruk jatuh lagi..dikeruk jatuh lagi. Jadi saya beranikan diri naik tangan buldoser untuk menaikan batu ke atas," kata Zaenal (28) salah satu petugas BPBD yang kemarin turun ke lokasi.

    Kasie Kedaruratan pada BPBD Kebumen, Arif Rahmadi SSOs didampingi staf Heri Purwoto (37) mengatakan, kegiatan kemarin merupakan tahap perapihan setelah longsor terjadi di Desa Totogan Karangsambung pada Kamis lalu.

    Lima hari sejak peristiwa itu, akses jalan sudah kembali terbuka. Namun, di sekitar lokasi, masih ada material longsor yang tertinggal. "Akses jalan sudah terbuka lancar, namun masih ada beberapa yang perlu di rapikan dan sebagian aliran sungai khususnya jembatan masih banyak tersumbat oleh material longsor sehingga perlu di buka dan di lancarkan," katanya.

    Disaat yang sama, Heri Purwoto menghimbau agar warga waspada longsor susulan. "Titik lokasi longsor terbesar berada sebelum jembatan Mangir Desa Totogan Kecamatan Karangsambung. Diperkirakan jika turun hujan masih berpotensi material akan turun kembali," kata Heri. (saefur rohman/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top