• Berita Terkini

    Thursday, August 11, 2016

    94 Peserta Ikuti Lomba Egrang

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Memeriahkan HUT ke-71 RI, Pemkab Kebumen menyelenggarakan lomba balap Egrang, Kamis (11/8/2016). Lomba yang diselenggarakan di Alun-alun Kebumen ini diikuti oleh 94 peserta, perwakilan dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Kebumen.

    Panitia Pelaksana Lomba Egrang Sukandar Hudi, mengatakan peserta lomba egrang dibagi dalam dua kategori. Yaitu kategori untuk pelajar SD putra dan putri, serta kategori untuk SMP/MTs putra dan putri.

    "Untuk peserta SD jumlahnya 33 peserata putra dan 33 putri. Sedangkan untuk SMP MTs, 14 putra dan 14 putri," kata Sukandar Hudi, disela-sela lomba, kemarin.

    Sayangnya, dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen, hanya sebelas kecamatan yang mengirimkan perwakilannya. Yaitu, Kecamatan Alian, Adimulyo, Rowokele, Ayah, Kebumen, Pejagoan, Sruweng, Sempor, Buayan, Gombong, Puring dan Karanggayam.

    Para peserta dengan cekatan berjalan menggunakan egrang, yang terbuat dari bambu dengan ketinggian 230 cm, dan menempuh jarak 25 meter secara estafet. "Panitia akan memilih enam peserta yang berhak maju ke babak final. Selanjutnya akan dipilih juara 1 sampai dengan 3 dan harapan 1 sampai dengan harapan 3," terangnya.

    Ia mengungkapkan, selain untuk memeriahkan HUT ke-71 RI, lomba egrang tersebut juga dalam rangka nguri-uri olahraga tradisional. "Karena keberadaanya ini sudah terancam, maka saya memandang kegiatan semacam ini sebagai upaya untuk melestarikannya," tegasnya.

    Tak hanya lomba egrang, di Alun-alun Kebumen kemarin juga digelar lomba tarik tambang untuk SMP/MTs, dan lari SD/MI dengan jarak 4,5 meter.

    Selain itu, seperti pada tahun-tahun sebelumnya HUT RI tahun ini Pemkab Kebumen juga bakal menggelar karnaval pembangunan. Rencananya karnaval bakal digelar pada Selasa (23/8) mendatang mulai pukul 13.00.

    Karnaval pembangunan tersebut akan dilepas dari depan Kantor Pos Kebumen dengan finish di Alun-alun Kebumen. Adapun panggung kehormatan di depan Pasar Tumenggungan Kebumen. Sedangkan rute karnaval, start depan Kantor Pos Kebumen, Jalan Pahlawan hingga Tugu Lawet, Jalan A Yani, Jalan Indrakila, Jalan Tentara Pelajar. Selanjutnya, Jalan HM Sarbini, PLN lama dan finish di Alun-alun Kebumen.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top