• Berita Terkini

    Selasa, 02 Agustus 2016

    310 Calhaj Ikuti Manasik

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 310 Calon jamaah haji (calhaj) dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Huda melaksanakan praktek manasik di Alun-Alun Kebumen, Minggu (31/7/2016).
    Peserta manasik ini merupakan calon jamaah haji kloter 36 yang akan diberangkatkan pada tanggal 22 Agustus mendatang.

    Nantinya, peserta haji yang mengikuti bimbingan pada KBIH Al-Huda akan mendapatkan tiga kali umroh gratis. Setelah pesertai menunaikan haji, sepulang dari tanah suci akan diikutsertakan menjadi anggota Ikatan Keluarga Alumni Mabiha (Iklima) yang kini telah beranggotakan ribuan jamaah haji alumnhi KBIH Al Huda.

    Direksi Al-Huda Abdul Mungin Sidi SAg MPdI mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan oleh KBIH Al Huda, menggambarkan lengkap seperti perjalanan haji sungguhan. Pelatihan dimulai dengan mengibaratkan peserta haji sedang berada di tanah Makah,  para jamaah kemudian berjalan menuju Padang Arafah untuk melaksanakan Wukuf. Setelah itu para jamaah haji akan berjalan menuju Muzdalifah untuk Mabit dan mencari krikil yang akan digunakan untuk melempar jumrah aqobah.

    Setelah itu para jamaah haji kemudian berjalan lagi untuk melempar Jumroh. Mereka kemudian akan meneruskan berjalan menuju Mina dan melaksanakan Mabit di Mina. Jamaah kemudian melempar Jumrol awal, Wusto dan aqobah.  Setelah itu baru kemudian berjalan menuju Makah untuk melaksanakan Thawaf Ifadhoh.  Perjalanan selanjutnya, para jamaah akan melaksanakan sya’i dari bukit Shofa ke Marwa, baru kemudian melaksanakan Tahallul. “Setelah itu maka sempurnalah ibadah haji,” tegas Muin Sidi.

    Dijelaskannya saat ini sudah terdapat lima majlis pengajian KBIH Al Huda, diantaranya di MTs Negeri Prembun, Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Gombong, Masjid At Taqwa Poncowarno, MTs Negeri Puring dan Ponpes Al Huda Jetis Kutsari. “Calon jamaah haji kali ini juga berasal dari kelima majlis tersebut,” tuturnya.

    Keuntungan mengikuti bimbingan haji di KBIH Al Huda lanjutnya, para jamaah akan langsung didampingi oleh guide (Pemandu) saat pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.  Guide ini merupakan keluarga dari Pondok Pesantren Al-Huda yang kini sudah bertempat tinggal di Negara Arab Saudi.

    Selain itu para jamaah haji dari KBIH Al Huda juga akan mendapatkan tiga kali umroh gratis, dengan start mulai dari Masjid Tan’im, Masjid Ji’ronah dan masjid Hudaibiyah. “Sepaham apapun para pesera dalam mengusai materi, namun Makah adalah kota baru bagi jamaah. Maka dari itu kita memerlukan guide yang sudah bermukim disana, untuk dijadikan pemandu,” ucapnya.

    Manasik kali ini juga dihadiri oleh anggota Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Pembina Haji Indonesia (TPHI), Tim Keseharan Haji Indonesia (TKHI), Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) dan  Tim Pembina Haji Daerah TPHD. KBIH yang beralamat di Dusun Jetis Desa Kutosari Kecamatan Kebumen, sudah berdiri sejak tahun 2008.(mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top