• Berita Terkini

    Monday, July 11, 2016

    Setiap Lebaran, Kwarcab Gelar Temu Kangen

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Ikatan Keluarga Besar Dewan Kerja, Paserna dan Ubaloka , IKBDKPU Kwarcab Kebumen, gelar Temu Kangen. Kegiatan yang diselenggarakan beberapa waktu lalu itu, dilaksanakan di Bumi Perkemahan (Buper) Widoro Karangsambung.

    Kegiatan yang dibalut dengan nama Pramuka Tempo Doeloe itu pun sangat meriah, Purna Dewan Kerja Cabang, Paserna dan Ubaloka dari angkatan tahun 1990 - 2009 pun ikut hadir guna memeriahkan temu kangen tersebut.

    Ketua panitia Temu Kangen,  Untung Sadermo, mengatakan pelaksanaan kegiatan Temu Kangen rutin dilaksanakan  tahun ke tahun. Itu dilaksanakan pada setiap lebaran Idul Fitri. Berbeda dengan tahun lalu, dimana Temu Kangen dilaksanakan di sanggar Pramuka Kwarcab Kebumen, pada Temu Kangen kali ini justru dilaksanakan di Buper Widoro, dengan kemasan para peserta  menggenakan seragam Pramuka. Ini diberlakukan bagi peserta yang masih mempunyai seragam.

    “Hal ini dikandung maksud untuk mengenang kembali masa penegak dulu, ketika mereka berkemah menyatu dengan alam, seperti membuat tenda, memasak, dan hidup mandiri, kegiatan temu kangen juga tidak lepas dengan sajian makanan yang tradisional seperti golak dan pecel,” terangnya.

    Sutrisno salah satu panitia sekaligus peserta temu kangen  menambahkan, kegiatan ini juga dihadiri oleh salah satu keluarga Letjen TNI (Purn) H.M. Sarbini yang dulu pernah menjabat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bakti 1974-1978,  dan berasal dari Kebumen.

    "Kedatangan beliau menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi para peserta, karena kedatangan salah satu dari keluarga tokoh Pramuka yang sangat berpengaruh pada masa itu. Ini sangat menjadi penyemangat baru bagi Gerakan Pramuka Kebumen untuk lebih keren dan maju dibawah kepemimpinan Kak H Adi Pandoyo SH MSI selaku Ketua Kwarcab Kebumen masa bakti 2016-2021,” papar Sutrisno.

    Pada acara tersebut, kejutan-kejutan pun datang dari para Purna Dewan Kerja dengan penyerahan kenang-kenangan kudi pusaka Indrakila DKC yang terbuat dari stainlees, dan dorpres-dorpres bagi para peserta yang umurnya paling tua, anaknya yang paling banyak, ukuran sepatu paling besar, baju Pramuka paling jadul dan lain sebagainya. “Walupun Ketua Kwarcab tidak bisa menghadiri temu kangen tersebut, namun beliau berpesan semoga kegiatan ini tetap berjalan terus setiap tahun untuk menyambung tali silaturahmi, dan semoga kegiatan berjalan lancar,” ucap Surisno. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top