• Berita Terkini

    Tuesday, July 12, 2016

    Sepeda Motor Dominasi Arus Balik

    IMAM/ESKPRES
    121. 434 Kendaraan Melintas di Kebumen
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sedikitnya 121.434 kendaraan melintas di Kabupaten berslogan Beriman ini pada arus balik ini yang dimulai pada hari Jumat (8/7) lalu. Dari jumlah itu sepeda motor mendominasi dengan jumlah 75.335 unit kendaraan. Sisanya, mobil penumpang yang mencapai 40.271 unit kendaraan.

    Untuk bus mencapai 3.605 unit kendaraan dan mobil beban mencapai 2.223 unit. Perhitungan tersebut belum merupakan hasil total dari keseluruh kendaraan yang melintas. Mengingat data itu baru perhitungan pada jalan nasional. Padahal selain jalan nasional masih banyak pula kendaraan yang melintasi di jalur selatan dan jalur alternatif lainnya.


    Pantauan Ekspres dilapangan hingga Senin (11/7/2016) kemarin, intensitas kendaraan masih  cukup tinggi. Kendaraan hanya dapat berjalan merayap dari Pertigaan Kedungbenar hingga Pasar Gombong. Kemacetan juga kerap terjadi di jalur Kebumen-Karanggayar. Salah satu disebabkan adanya perlintasan rel kereta api. “Kalau untuk Hari Selasa (12/7) jumlah kendaraan sudah relatif menurun. Jalan raya pun kondisinya sudah lengang,” tutur Kapolres Kebumen AKBP Alpen SIK SH MH melalui Kabag Op Kompol Suyatno, semalam.

    Dijelaskannya meskipun intensitas kendaraan sudah menurun, bila dibandingkan dengan hari sebelumnya, namun keberadaan Pospam masing sangat diperlukan. Pasalnya beberapa kendaraan yang mengangkut penumpang menuju obyek wisata masih sangat banyak yang melintas. Personil Polisi pun ditempatkan di persimpangan jalan guna mengatur jalannya lalu lintas. Keberadaan kendaraan sepeda motor dan para mobil menuju tempat pariwisata juga membuat persimpangan jalan macet.

    Lebih lanjut Kompol Suyatno mengemukakan untuk menjaga kelancaran arus mudik dan balik, Polres Kebumen telah mendirikan 12 unit Pospam, Delapan Sub Pospam yang didirikan disepanjang jalur nasional mulai dari Kecamatan Rowokele hingga Prembun. Sedangkan untuk pos cek poin hanya digunakan pada arus mudik saja. Pospam rencananya akan dibongkar pada tanggal 15 Juli mendatang. Pada tanggal tersebut diperkirakan arus lalu lintas telah kembali normal. “Kita akan membongkar Pospam pada tanggal 15 malam, tepatnya Sabtu malam,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top