• Berita Terkini

    Saturday, July 2, 2016

    Puncak Arus Mudik Diprediksi Hari Ini

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Puncak arus mudik di Kabupaten berslogan Beriman ini, diprediksi akan jatuh pada hari ini Sabtu (2/7/2016). Oleh sebab itu, para pemudik dan pengguna jalan diminta meningkatkan kewaspadaan lantaran intensitas kendaraan dipastikan akan meningkat tajam.

    Kapolres Kebumen AKBP Alpen SIK SH MH melalui Kabag Op Kompol Suyatno, Jumat (1/7) menyampaikan, peningkatan kendaraan sudah terlihat sejak H-5 lebaran kemarin (1/7).  Meski demikian, arus lalu lintas masih lancar.

    Data Polres Kebumen menyebut,  dalam setiap jam kendaraan jumlah kendaraan selalu meningkat tajam. Dari setiap jam jumlah Bus melintas meningkat dari 31, 48, 74 dan 93. Sedangkan untuk mobil penumpang yang melintas meningkat dari 187,  269, 495, dan 602.

    Begitu pula kendaraan sepeda motor jumlah peningkatan dalam setiap jamnya cukup signifikan yakni, 170, 345, 610 dan 810 unit. “Jumlah kendaraan yang melintas meningkat tajam dan akan mencapai puncaknya besok (hari ini,red),” kata Suyatno.

    Kepada para pemudik, Suyatno meminta untuk mengurangi kecepatan pada titik-titik rawan macet. Di Kabupaten Kebumen terdapat tiga titik rawan kemacetan dan dua titik rawan kecelakaan. Titik rawan kemacetan berada di Pasar Gombong, Pasar Karanganyar dan pasar Kutowinangun. Sedangkan titik rawan kecelakaan terdapat di Tursino Kecamatan Prembun dan jalur Alang-alang Amba Kecamatan Karanganyar. “Untuk titik macet Karanganyar dan Kutowinangun disebabkan ada pasar dan perlintasan rel kereta api. Sehingga dua titik tersebut lebih rawan macet dari pada pasar Gombong,” terangnya.

    Untuk membantu para pemudik, pihaknya telah menyiapkan sejumlah pos peristirahatan dan pengamanan, Selain telah mendirikan 12 unit Pospam, Delapan Sub Pospam dan 1 cek poin, petugas disiagakan.

    Pospam didirikan disepanjang jalur nasional mulai dari Kecamatan Rowokele hingga Prembun. Sedangkan untuk cek poin didirikan di dekat Rumah Makan Lestari Karanganyar. Cek point sendiri disiapkan untuk para pemudik agar beristirahat. "Bagi para pemudik kami himbau untuk dapat memanfaatkan cek point sebagai tempat beristirahat setelah empat jam berkendara. Para pemudik dianjurkan untuk tidur, pijat dan melakukan hiburan, dan mengecek kondisi kendaraan. Dengan istirahat maka tubuh akan kembali fresh dan siap untuk melanjutkan perjalanan," kata Kompol Suyatno.

    Sementara, itu dua bus mudik gratis yang disediakan oleh Pemkab Kebumen sudah sampai terminal Jumat (1/7) Kebumen pada pukul 23.40 dan pukul 01.00 WIB dini. Bus tersebut mengangkut 140 penumpang. Adapun truk yang mengangkut 840 sepeda motor, juga sudah diberangkatkan dari Jakarta pada pukul 08.00 WIB. Rencananya akan sampai di Kebumen pada hari ini (2/7).
    “Mudik gratis Kementerian Perhubungan RI dengan tujuan Kabupaten Kebumen, dengan 37 bus untuk mengangkut 1.680 akan diberangkatkan pada tanggal 2 Juli 2016, dan akan sampai di Kebumen pada tanggal 3 Juli 2016,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kebumen Drs H Nugroho Triwaluyo. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top