• Berita Terkini

    Monday, July 25, 2016

    Permudah Pencaker, Disnakertransos Luncurkan Layanan Website

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kebumen, melakukan terobosan dengan mengembangkan website bursa kerja dengan domain www.bursakerja.kebumenkab.go.id.

    Dengan adanya layanan website tersebut, kini para pencari kerja (Pencaker)  dapat mendaftar AK 1 atau yang familiar dengan istilah kartu kuning secara online. Bukan hanya itu saja dalam website tersebut para pencari kerja juga dapat melihat info lowongan keja lokal maupun luar negeri, bimbingan karir dan lain sebagainya.

    Kepala Disnakertransos Kebumen Dwi Suliyanto SSos MSI melalui Kepala Seksi Penempatan Kerja Dalam Negeri Pada Bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi Wahyudi mengatakan, banyaknya para pencari kerja menjadi salah satu alasan perlunya aplikasi website yang berintegritas.

    Website tersebut mempermudah pelayanan kepada para pencari kerja. Bukan hanya untuk pencari kerja, website juga bermanfaat untuk perusahaan dan beberapa pihak terkait.  “Para pencari kerja sangat menyukai aplikasi ini. Terbukti selama Bulan Juni hingga Juli 2016 jumlah pencari kerja yang dilayani membludak sebanyak 3.654 orang. Mereka datang untuk memperoleh kartu tanda pencari kerja (AK1),” tuturnya, Senin (25/7/2016).

    Menu website lanjutnya, telah diperbaharui dan diintegrasikan untuk kebutuhan pengolahan data laporan kondisi ketenagakerjaan. Data itu mencakup pencari kerja yang terdaftar dan kualifikasinya, sehingga memudahkan dalam pencarian data.

    Adapun menu lainnya yang terdapat dalam website yakni lowongan kerja yang terus diperbaharui dan terus diupdate.  Maka website menyajikan informasi lowongan kerja terbaru, baik yang dikirim langsung oleh perusahaan maupun informasi hasil pencarian lowongan ke perusahaan (Job hunting) yang dilakukan oleh dinas. “Dalam era informasi seperti saat ini, diperlukan perubahan dalam berbagai hal. Taermasuk dalam pelayanan publik yang sekarang ini menuntut adanya kecepatan dan kemudahan,” terangnya.

    Dalam website, juga terdapat bimbingan karir bagi pencari kerja, serta informasi kewirausahaan yang memuat kegiatan perluasan dan pengembangan kesempatan kerja meliputi penciptaan wirausaha baru. Informasi tersebut tersaji dalam materi lain yang menyangkut sukses berwirausaha. “Untuk masyarakat yang membutuhkan layanan dan informasi ketenagakerjaan diharapkan dapat mengakses website tersebut,” paparnya.

    Sementara itu Tenaga Kerja Sarjana (TKS), Koko SKom mengatakan, kini website telah dikunjungi oleh 18.959 pengunjung. Adapun kemampuan untuk melayani permintaan kartu kuning sebanyak 303 perhari. “Ini sangat membantu, baik kepada  masyarakat maupun petugasnya,” ucapnya, didampingi TKS lainnya Sukma Anggita SPd. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top