• Berita Terkini

    Monday, July 11, 2016

    Pengunjung Pantai Petanahan Anjlok

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bila dibandingkan dengan lebaran sebelumnya yakni tahun 2015 lalu, pengunjung Objek Wisata (Obwis) Pantai Petanahan pada lebaran tahun 2016 mengalami penurunan drastis.
    Selama lima hari ini pengunjung Obwis Pantai Petanahan hanya sekitar 16 ribu pengunjung. Padahal pada periode yang sama setahun lalu, pengujung Pantai Petanahan mencapai 20 ribu orang. Dengan demikian terjadi penurunan 4 ribu orang pengujung pada lebaran kali ini.

    Kepala Obwis Pantai Petanahan Turas mengatakan penurunan pengunjung memang terjadi di luar dugaan. Pasalnya segala persiapan yang dilakukan oleh pengelola Pantai Petanahan sudah lebih maksimal bila dibandingka tahun sebelumnya. Bahkan kini di Pantai Petanahan telah terdapat restoran sea food. Kendati demikian jumlah pengunjung justru mengalami penurunan. “Sangat menurun, selisihnya mencapai 4 ribuan  pengunjung,” tuturnya, Senin (11/7/2016) di sela-sela memantau aktifitas para pengunjung.

    Menurutnya, liburan lebaran yang lebih panjang dari biasanya,  menjadi salah satu faktor utama penurunan pengunjung. Sebab para pengunjung, bisa jadi sudah lebih dahulu melakukan refreshing sebelum hari lebaran tiba. Selain banyak pula beberapa faktor lainnya yang menjadi penyebab menurunnya jumlah pengunjung. “Sejak hari Sabtu (2/7) lalu, atau H-4 kan sudah libur. Waktu liburan tersebut bisa jadi sudah digunakan untuk refreshing,” terangnya.

    Dijelaskannya, beberapa hal yang menjadi penyebab menurunnya pengunjung diantaranya, lebaran kali ini bersamaan dengan kenaikan sekolah. Dengan demikan jelas para orang tua lebih memilih mengalokasikan uangnya untuk persiapan masuk sekolah dari pada sekedar rekreasi keluarga. Selain itu pada lebaran kali ini para petani juga belum waktutnya panen. Padahal mayoritas penduduk Kebumen adalah petani. “Itulah salah satu penyebab menurunnya pengunjung,” paparnya.

    Saat disinggung mengenai adanya rob air laut, Turas menegaskan, hal itu bisa juga menjadi penyebab turunnya angka pengunjung. Pasalnya rob air laut pada Bulan Ramadhan lalu, ramai dijumpai di media sosial. Hal itu kemungkinan menjadi pengunjung takut atau merasa enggan untuk mengunjungi obyak wisata pantai.

    Sebelumnya dalam Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Dispartabud) telah mentargetkan 355.345 pengunjung selama 10 hari pada event liburan lebaran 1437 H/ 2016 M ini. Target tersebut untuk sembilan objek wisata yang dikelola oleh Dispartabud Kabupaten Kebumen.

    Adapun sembilan objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kebumen tersebut diantaranya, Pantai Logending, Goa jatijajar, Goa Petruk, Pantai Karangbolong, Pantai Suwuk, Pantai Petanahan, Pemandian air hangat Krakal, Waduk Sempor dan Waduk Wadaslintang.

    Selain itu, Dispartabud juga melaksanakan monitoring atau pengecekan sarana prasarana di objek wisata, terutama sarana vital dan traksi yang beresiko tinggi, seperti perahu wisata dan permainan anak-anak. Dijelaskannya, untuk menunjang keamanan Dispartabud juga telah membuat rambu-rambu larangan dan peringatan. Seperti spanduk dilarang mandi di laut, bendara tanda bahaya di tepi laut dan papan petunjuk arah menuju ke objek wisata. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top