• Berita Terkini

    Senin, 18 Juli 2016

    Pembangunan IPA Jatimulyo Terus Dilaksanakan

    IMAM/EKPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pembangunan instalasi air baku yang akan membawa air dari Bendungan Pejengkolan Jembangan, menuju ke Intalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen, yang berada di Desa Jatimulyo Kecamatan Alian terus dilaksanakan.

    Rencananya pada awal tahun 2017 mendatang IPA tersebut sudah dapat beroperasi. IPA akan mampu mensuplai air ke 16 ribu, sambungan rumah tangga (SR) di wilayah Kecamatan Kebumen dan sekitarnya. IPA yang dibangun sejak tahun 2013 lalu, akan mensuplai air berkapasitas 200 liter perdetik.

    Kabag Teknik PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen Kusni mengatakan, IPA di Desa Jatimulyo tersebut akan mengambil sumber air dengan berjarak sekitar 17,5 kilometer dari Desa Jatimulyo. “Saat kita sedang membuat instalasi pipa air baku, kita juga melakukan penambahan mekanikel elektrikel berupa pompa genset dan kelengkapan yang lain,” tutur Kusni, Minggu (17/7/2016).

    Lebih lanjut Kusni menjelaskan pembangunan IPA, dilakukan secara bertahap sejak tahun 2013, menggunakan dana APBN dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tahun 2013 menghabiskan anggaran Rp 37 miliar dan tahun 2014 Rp 9 miliar. Sedangkan di tahun 2015 pembangunannya menelan Rp 17,5 miliar sementara tahun 2016 ini dianggarkan 72 miliar . “Untuk pembanguan IPA Kebumen timur dimulai tahun ini,” katanya, sembari menambahkan selanjutnya penanganan IPA akan diserahkan kepada Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB) Provinsi Jawa Tengah.

    Kusni menambahkan belum berfungsinya IPA Jatimulyo tersebut bukan karena mangkrak, melainkan disebabkan pembangunannya sendiri memang belum selesai. Pembangunan disesuaikan dengan jumlah anggaran yang ada. Jika pembangunannya sudah selesai maka bisa dipastikan IPA akan segera dioperasikan.

    Selain di Desa Jatimulyo pembanguan IPA dengan kapasitas yang sama juga akan dilaksanakan di Jembangan. “Ini untuk menyuplai kebutuhan air di lima Kecamatan Ambal, Mirit, Buluspesantren, Poncowarno dan Bonorowo,” ucap Kusni, sembari mengatakan, pembanguan IPA di Jembangan akan dilakukan setelah IPA di Jatimulyo selesai.

    Sebelumnya Komisi C DPRD Kebumen mendorong untuk percepatan pembanguan Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen, yang berada di Desa Jatimulyo Kecamatan Alian itu.  Dorongan percepatan pembangunan tersebut, disampaikan oleh Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kebumen Halimah Nur Hayati saat kunjungan lapangan ke IPA tersebut. Halimah berharap IPA dapat segara berfungsi untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top