• Berita Terkini

    Tuesday, July 19, 2016

    Hafal Al Quran, Langsung Diterima di SMPN 3

    Martiyono SPd MPd/IMAM/ESKPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Ada yang tidak biasa dalam penerimaan siswa di SMP Negeri 3 Kebumen tahun ajaran 2016/2017 ini. Pasalnya Kepala SMP Negeri 3 Kebumen Martiyono SPd MPd memberi keistimewaan kepada para calon siswanya yang mempunyai kemampuan menghafal Al Quran. Bagi siswa yang hafal Al Quran 30 juz (Hafidz) dijamin akan diterima di SMP Negeri 3 Kebumen.


    Hal itu juga berlaku bagi agama lain, dengan ketentuan sesuai dengan agama masing-masing. Calon siswa yang mempunyai kemampuan menghafal Al Quran, mempunyai poin tersendiri. Poin tersebut ditambahkan dengan nilai NEM pada para pendaftar. Dengan adanya penambahan poin akan semakin besar peluang bagi siswa yang bersangkutan untuk dapat diterima di SMP Negeri 3 Kebumen. “Kemarin kita menyiapkan tim khusus untuk menguji bagi pendaftar yang mempunyai kemampuan menghafal Al Quran,” tutur Martiyono kepada Ekspres, Selasa (19/7/2016).

    Penerapan penghargaan bagi penghafal Al Quran untuk siswa beragama Islam lanjutnya, diberlakukan untuk menghargai prestasi para anak didik di bidang tersebut. Pasalnya selama ini kelebihan menghafal Al Quran, tampaknya belum menjadi perhatian, khususnya dibidang akademik. “Umumnya yang menjadi nilai lebih adalah saat siswa mempunyai piagam atau sertifikat penghargaan kejuaraan dari mulai tingkat kecamatan hingga internasional,” terangnya.

    Padahal lanjut Martiyono, kemampuan menghafal Al Quran seharusnya juga mendapatkan penghargaan seperti itu, dengan demikian akan semakin banyak anak yang gemar untuk menghafalkan kitab suci. dan untuk agama selain Islam hal itu juga diberlakukan, sesuai dengan rekomendasi dari masing-masing agama. “Untuk pendaftaran kemarin terdapat delapan siswa yang diterima dengan mendapatkan bonus dari hafalan Al Qurannya. Pendaftarnya memang banyak, namun yang lolos uji hanya delapan orang,” terangnya.

    Dijelaskannya, bagi calon siswa yang mampu menghafal satu juz Al Quran meskipun itu Juz Amma mendapatkan poin setara dengan juara 2 provinsi. Menghafal dua juz mendapatkan poin setara dengan juara 3 provinsi. Menghafal tiga juz setara dengan juara 3 nasional, menghafal empat juz setara dengan juara 2 nasional dan menghafal lima juz setara dengan mendapatkan juara 1 nasional. “Untuk calon siswa yang berasal dari Kabupaten Kebumen, dan mempunyai kemampuan menghafal lima Juz Al Quran dijamin diterima di SMP Negeri 3 Kebumen kerena setara dengan mempunyai piagam penghargaan juara 1 tingkat nasional, terlebih bagi seorang Hafidz,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top