• Berita Terkini

    Saturday, July 30, 2016

    Guru Asal Amsterdam Ajar Siswa di Kebumen Bahasa Inggris

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sejak 26 Juli 2016 lalu, Roemah Martha Tilaar (RMT) Gombong menggelar sekolah Bahasa Inggris untuk siswa SD dan SMP yang disebut dengan kelas Summer English Season.

    Tidak tanggung-tanggung pengajar yang disediakan juga bukan dari Indonesia, melainkan seorang berkebangsaan Belanda yang menguasai lima bahasa yakni Lotte Van Der Voort.

    Para siswa pun senang belajar dengan guru muda tersebut. Terlebih dalam mengikuti kelas Bahasa Inggris, para siswa tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Kelas Bahasa tersebut rencananya akan berlangsung selama dua pekan.

    Kelas Bahasa Inggris, diikuti oleh anak-anak yang tidak hanya berasal dari kota Gombong saja, melainkan juga dari daerah-daerah lain di sekitar Kota Kebumen. Anak-anak yang mulanya malu-malu untuk berbicara dalam Bahasa Inggris, kini sudah mulai terbiasa mengucapkan kata-kata ataupun kalimat dengan Bahasa Inggris saat berkomunikasi.

    Tampaknya dalam beberapa hari saja anak-anak sudah tidak canggung lagi untuk berbicara dengan bahasa asing. Metode pengajaran yang digunakan pun tidak seperti di kelas- kelas pada umumnya. Pelatihan bahasa asing kali ini, lebih melatih kepada kreatifitas dan keaktifan para siswa.

    Lotte Von Der Voort merupakan seorang guru yang sekaligus sebagai seorang peneliti budaya. Lotte juga mengaku tertarik akan kota Gombong. “I love to travel to experience new cultures and to meet new people (Saya suka bepergian untuk mengetahui budaya baru dan bertemu orang-orang baru),” kata guru asal Amsterdam ini, Kamis (28/7/2016).

      Sebelum mengajar dikota Gombong, Lotte juga mengaku telah mengajar di kota lain yakni Can Tho, Vietnam  dan Wuijiang, China. Mimpinya adalah dapat mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak di negara-negara lain.

    Marketing & Communication Roemah Martha Tilaar Alona Novensa mengatakan kegiatan Summer English Season kali ini merupakan bentuk konsistenya RMT dalam pengabdiannya kepada masyarakat, terutama dalam hal pendidikan atau Beauty Education.

    Kelas bahasa itu lanjutnya, dibagi kedalam dua kategori yakni kelompok A diikuti oleh anak-anak kelas 1-5 SD yang dimulai pada pukul 15.00 WIB. Sedangkan kelompok B diikuti oleh siswa-siswi kelas 6 - 9 dan dimulai pada pukul 16.00 WIB. “Saat ini total anak yang telah mengikuti kegiatan tersebut kurang lebih berjumlah 50 anak,” terangnya.
    Alone menambahkan, rencananya pada tanggal 7 Agustus mendatang, anak-anak tersebut akan tampil dalam acara yang bertajuk “RMT English Night”. Mereka akan menampilkan berbagai kebolehan menyanyi, deklamasi dan memainkan drama pendek menggunakan Bahasa Inggris."Saat ini RMT sedang berusaha untuk mengundang relawan asing secara teratur, ini untuk memberikan pelatihan Bahasa Inggris kepada para pelaku wisata di Kebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top