• Berita Terkini

    Sunday, July 24, 2016

    Bakal Berjuang Demi Kemajuan Desa

    Muhlasin
    RANTEREJO merupakan nama sebuah desa di Kecamatan Klirong. Jalan belum beraspal dan baru dimakadam menjadi jalur yang harus dilewati warga untuk melaksanakan keperluan sehari-hari. Desa Ranterejo membentang dengan luas 110 hektar.

    Penduduk Desa Ranterejo berjumlah sekitar 1.700 jiwa. Mayoritas penduduk  Desa Ranterejo berkerja sebagai petani dan buruh tani. Adapun luas lahan sawah di desa tersebut mencapai separuh dari luas desanya yakni 55 hektar.

    Muhlasin Kepala Desa yang menjabat sejak 18 Juli 2013 lalu menuturkan, saat baru menjabat menjadi kepala desa, belum ada satu pun jalan di Desa Ranterejo yang diaspal. Jalan yang membentang di desanya sekitar 3 kilometer. “Jangankan diaspal dimakadam juga belum, jalan hanya masih berupa tanah yang becek ketika hujan dan berdebu pekat saat musim kemarau,” tuturnya, Jumat (22/7).


    Tak butuh waktu lama, dalam dua tahun masa jabatannya, Muhlasin telah mampu membuat banyak perubahan di desa yang dipimpinnya. Beberapa pembangunan pun dilaksanakan di desa yang berbatasan langsung dengan sungai luk ulo tersebut. Adapun beberapa pembangunan meliputi, pengaspalan jalan sepanjang 1 kilometer, makadam jalan 2 kilometer, rabat beton jalan dengan panjang 1 kilometer dan pembangunan talud 600 x 1,7 meter. Selain itu dilaksanakan pula pembangunan saluran irigasi, pembuatan mushola Al Iklas di balai desa, dan lain sebagainya. Desa Ranterejo juga mendapatkan bantuan traktor, satu unit pompa air besar dan dua unit pompa air kecil. “Tahun 2017 nanti Isya Alloh jalan utama desa akan diaspal semua,” tuturnya.

    Menciptakan masyarakat yang makmur, aman dan tenteram merupakan impian bagi semua kepala desa. Demikian pula dengan Muhlasin, untuk menciptakan kemakmuran salah satunya dilaksanakan dengan peningkatan ekonomi masyarakat. Peningkatan berupa infrastruktur penunjang ekonomi dilakukan dengan membangun jalan yang menjadi akses penting dalam perekonomian masyarakat. Dan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat akan dilaksanakan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diberi nama Karya Mandiri Membangun. “Saya menghendaki adanya perdagangan dan wirausaha pada BUMDes, maka rencananya kami akan membuat Toko Bangunan dan Konveksi,” terangnya.

    Rasa aman akan tercipta lanjutnya, jika masyarakat selalu bersama-sama meningkatkan keamanan dan kepercayaan satu sama lain. Hal itu juga besar kaitannya dengan perekonominan. Adapun ketentraman dapat diwujudkan jika spiritual dan intelektual, rasa aman serta ekonomi tertata dan tercukupi dengan baik. “Itu sebagian perubahan yang sudah dilaksanakan.

    Ini akan terus berlangsung hingga tahun 2018 dimana masa jabatan sebagai kepala desa telah habis. "Di saat itu saya sangat berharap sudah banyak sekali perubahan yang terjadi di Desa Ranterejo menuju ke arah kemakmuran,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top