• Berita Terkini

    Wednesday, July 20, 2016

    454 Calon Haji Awali Kegiatan Manasik Haji

    ilustrasi
    PURWOREJO- Sebanyak 454 calon jamaah Haji Kabupaten Purworejo mengawali kegiatan bimbingan manasik haji. Materi yang disampaikan dalam bimbingan manasik haji meliputi kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji, teknis pelayanan kesehatan, pembentukan kloter dan keselamatan penerbangan, serta pemantapan manasik haji berbasis qolbu dan melestarikan kemabruran haji.

    "Kegiatan ini untuk membimbing calon haji secara lebih efektif terutama pengetahuan tentang manasik haji," ucap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo Drs H Nurudin MpdI, pada pembukaan bimbingan manasik haji di Gedung Wanita Purworejo, Senin (18/7).

    Lebih lanjut Nurudin mengatakan, bimbingan manasik haji tingkat kabupaten dilaksanakan sebanyak 2 pertemuan dengan durasi 8 jam pelajaran yakni 18 Juli dan 28 Juli mendatang. Untuk 28 Juli akan dipusatkan di gedung Arta Kencana KPPN Purworejo.

    Sedangkan bimbingan kelompok dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan dengan durasi 24 jam yakni 19-27 Juli, yang akan dilaksanakan di wilayah kelompok kecamatan atau KUA masing-masing.

    "Yang terpenting adalah untuk membina kesiapan, baik secar fisik maupun psikologi, sehingga nantinya akan mendukung kelancaran proses ibadah haji sesuai dengan tuntutan, agar memperoleh predikat haji mabrur yang sangat kita cita-citakan," ucapnya.

    Dikatakan, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka membantu kelancaran pelaksanaan ibadah haji, Pemerintah Kabupaten Purworejo menugaskan tim pemandu haji daerah (TPHD) dan tim kesehatan haji daerah (TKHD). TPHD dan TKHD bertugas membantu petugas kloter untuk melayani dan membimbing seluruh jamaah selama proses pelaksanaan ibadah haji. "Selain itu, ada beberapa kegiatan yang akan difasilitasi pemerintah daerah, antara lain pelepasan dan penerimaan jamaah haji, mujahadah haji, seragam batik haji daerah, serta transportasi pulang pergi dari Purworejo ke asrama haji Donohudan," pungkasnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top