• Berita Terkini

    Sunday, June 19, 2016

    Uji Kompetensi Pelajar, AHM Gelar Final Kontes Keterampilan Teknik SMK

    JAKARTA - Sebagai bentuk konsistensi dan komitmennya dalam menyiapkan tenaga muda terampil di dunia pendidikan, PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar Final Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang kini memasuki tahun pelaksanaan ke-7.

    Gelaran Final Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor bagi siswa SMK ini merupakan puncak hasil seleksi ketat terhadap 25.440 siswa dari 477 SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda dari berbagai wilayah di Indonesia. Sebelum final kontes digelar para siswa terlebih dahulu diuji melalui berbagai tahap di tingkat regional, bekerja sama dengan 27 jaringan main dealer Honda. Akhirnya sebanyak 42 siswa terpilih untuk bersaing pada ajang final kontes yang digelar awal bulan ini di Astra Honda Training Center (AHTC) Jakarta.

    Kontes Keterampilan Teknik SMK ini merupakan bagian dari upaya AHM untuk mendukung program Lomba Karya Siswa (LKS) yang diselenggarakan oleh pemerintah dalam mewujudkan generasi muda yang handal, terampil, serta inovatif.

    General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengungkapkan kontes ini diharapkan dapat memacu siswa SMK untuk meraih prestasi dan cita-cita mereka

    di dunia teknik sepeda motor melalui keterampilan yang teruji dan selaras dengan perkembangan teknologi terkini yang ada di dunia industri kendaraan roda dua.

    “Dengan semangat Satu Hati, kami berkomitmen untuk mendukung mimpi dan cita-cita generasi muda di dunia teknik sepeda motor dengan menyelenggarakan kontes SMK Nasional secara rutin setiap tahun. Pemenang kontes ini merupakan siswa terbaik yang siap mewujudkan cita-cita di bidang teknik sepeda motor di masa mendatang.”

    Dalam gelaran final kontes terpilih 3 siswa terbaik. Juara pertama berhak membawa pulang uang tunai senilai Rp 8.000.000 dan beasiswa penuh selama 3 tahun untuk menempuh pendidikan di Politeknik Manufaktur Astra. Selain hadiah bagi siswa, SMK yang mengantarkan siswanya menjadi juara berkesempatan memperoleh satu unit sepeda motor New Honda Sonic 150R. Bagi siswa pemenang juara kedua, berhak membawa pulang Rp 5.000.000, dan juara ketiga mendapat uang tunai senilai Rp 3.000.000. Selain itu

    bagi tiga kontestan terbaik juga berhak membawa pulang satu unit smartphone, serta satu unit camera pocket. Bagi 10 kontestan terbaik masing-masing berhak memperoleh uang tunai sebesar Rp 1.000.000, satu unit smartphone, dan satu unit helm.

    Ketua Progam Pendidikan Satu Hati AHM Ahmad Muhibbuddin menambahkan final kontes keterampilan antar siswa SMK ini memiliki peran yang penting bagi upaya perusahaan menyiapkan tenaga muda terampil di dunia otomotif di masa mendatang.

    "Kegiatan ini bukan sekedar uji lomba keterampilan teknik antar siswa SMK KTSM Honda karena kami juga menyiapkan jembatan untuk mereka belajar ke jenjang yang lebih
    inggi. Kami menyiapkan 6 beasiswa penuh untuk bisa kuliah gratis di Politeknik Manufaktur Astra bagi siswa terbaik yang berprestasi dari kontes ini."

    Tidak hanya menyediakan hadiah bagi para pemenang kontes, pada kesempatan ini AHM pun mulai mengangkat karya-karya inovasi dari siswa-siswa TSM Honda yang terkait

    dengan produk sepeda motor melalui Eksibisi Inovasi. Karya yang dipamerkan dalam event ini antara lain alat penghemat bahan bakar, Treker bagi caliper, dan Smart Side Stand. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top