• Berita Terkini

    Monday, June 27, 2016

    Targetkan Jaring 355.345 Pengunjung Selama 10 Hari Lebaran

    IMAM/EKsPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan (Dispartabud) menargetkan 355.345 pengunjung di 9 objek wisata Kabupaten Kebumen pada Event Lebaran 1437 H/ 2016 M ini. Target tersebut meningkat sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya yakni 323.040 pengunjung.

    Adapun sembilan objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kebumen meliputi Pantai Logending, Goa Jatijajar, Goa Petruk, Pantai Karangbolong, Pantai Suwuk, Pantai Petanahan, Pemandian air hangat Krakal, Waduk Sempor dan Waduk Wadaslintang.  

    Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Drs H Hery Setyanto saat jumpa pers di Pers Center, Senin (27/6/2016). Hery Setyanto mengatakan, persiapan terus dilakukan untuk menyambut pengunjung selama lebaran. Pihaknya kini menyiapkan sebanyak 300 personil dari Dispartabud, Muspika dan SKPD terkait juga akan diterjunkan pada event lebaran kali ini. "Pada lebaran kali ini di objek wisata pantai Suwuk juga sudah menggunakan E-Ticketing atau tiket elaktronik,” ucapnya.

    Selain itu, Dispartabud juga melaksanakan monitoring atau pengecekan sarana prasarana di objek wisata, terutama sarana vital dan traksi yang beresiko tinggi, seperti perahu wisata dan permainan anak-anak. Dijelaskannya, untuk menunjang keamanan Dispartabud juga telah membuat rambu-rambu larangan dan peringatan. Seperti spanduk dilarang mandi di laut, bendara tanda bahaya di tepi laut dan papan petunjuk arah menuju ke objek wisata. “Kita juga melakukan promosi wisata untuk sasaran kunjungan event lebaran dan tahun baru 2017 ke kepala-kepala sekolah di Kabupaten Banyumas,” tuturnya.

    Dijelaskannya Dispartabud juga melakukan pembinaan Sadar Wisata sesuai Program Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan) kepada para pelaku pariwisata yakni pedagang, petugas parkir, pemilik permainan anak dan kolam renang anak serta paguyuban perahu dan kuda wisata. “Kita melakukan pembinaan di sembilan objek wisata,” terangnya.

    Selain itu lanjutnya, Dispartabud juga telah membentuk tim pelaksana event Idul Fitri di objek wisata Kabupaten Kebumen dengan Surat Keputusan Bupati Kebumen Nomor   556/237/KEP/2016 tertanggal 7 Maret 2016. “Dalam hal ini kita juga sudah melaksanakan rapat Koordinasi lintas sektoral yakni Polres, Kodim, Dinas Kesehatan, BPBD, Dishubkominfo, Satpo PP, Kapolsek, Koramil, Camat dan Puskesmas, dan SAR terkait dengan penanganan Lebaran,” paparnya.

    Dengan persiapan itu, diharapkan pendapatan dari sektor pariwisata akan meningkat di tahun 2016 ini. Di tahun 2015 sektor pariwisata menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebanyak Rp 5.653.204.994 dengan total kunjungan mencapai 1.117.136 orang.  "Pada tahun 2016 ini Dispartabud mentargetkan pendapatan Rp. 6.600.000.000 dari 1.230.136 pengunjung," katanya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top