• Berita Terkini

    Rabu, 08 Juni 2016

    Stasiun Kebumen Dilengkapi Mesin Tiket Mandiri

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Seluruh stasiun kereta api di wilayah Daop 5 yang melayani penumpang saat ini telah menerapkan sistim check-in untuk penumpang yang akan berangkat. Penerapan sistim chek-in ini sesuai target selesai sebelum memasuki angkutan Lebaran 2016.

    Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, menyatakan total diseluruh Daop 5 Purwokerto terdapat 13 stasiun yang saat ini melayani naik turun penumpang. Masing-masing stasiun Purwokerto, Kroya, Sumpyuh, Gombong, Karanganyar, Kebumen, Kutoarjo, Maos, Cilacap, Gandrungmangun, Sidareja, Bumiayu dan Slawi. "Semua telah dilengkapi perangkat check-in mandiri (CIM) untuk penumpang yang berangkat," kata Surono, kepada Kebumen Ekspres, Selasa (8/6/2016).

    Surono menjelaskan, dengan penerapan sistim check-in ini semua penumpang yang akan berangkat wajib melakukan prosedur check-in sebelum melakukan boarding. "Termasuk penumpang yang telah memegang tiket yang dibeli melalui pemesanan beberapa waktu yang lalu," ujarnya.

    Menurutnya, prosedur check-in ini sendiri dapat dilakukan mulai 12 jam sebelum jadwal keberangkatan. Waktu check-in yang cukup panjang dimaksudkan untuk memberi kesempatan penumpang melakukan check-in lebih awal dan menghindari antrean dalam proses check-in.

    Proses check-in dapat dilakukan oleh calon penumpang sendiri atau orang lain dengan memasukan kode booking pemesanan tiket atau memindai barcode yang ada pada struk atau email notifikasi pemesanan tiket dan mendapatkan boardingpass. "Yang terpenting saat boarding ketika akan berangkat harus dilakukan penumpang sendiri dengan menunjukan ID asli. Petugas akan memverifikasi kesesuaian data pada  boardingpass dan ID calon penumpang," tegasnya.

    Dengan pemberlakuan sistim check-in ini untuk naik kereta api tidak diperlukan tiket lagi. Cukup boardingpass yang didapatkan dalam proses check-in yang selanjutnya digunakan untuk proses boarding dan naik KA.

    Untuk pemesanan tiket melalui channel eksternal, penumpang akan mendapatkan struk atau notifikasi pemesanan. Sedangkan untuk pemesanan tiket di loket stasiun calon penumpang akan mendapatkan bukti transaksi pemesanan."Pada bukti pemesanan tersebut terdapat kode booking atau barcode yang digunakan dalam proses check-in," imbuhnya.
    Khusus untuk pembelian tiket keberangkatan langsung (goshow) di loket stasiun, penumpang sekaligus akan mendapatkan bukti transaksi dan boardingpass. Sehingga tidak perlu melakukan check-in sendiri, langsung bisa boarding.

    Ia menambahkan, selain memberlakukan sistim check-in, PT KAI Daop 5 juga telah melengkapi stasiun- stasiun yang ramai penumpang dengan fasilitas mesin tiket mandiri (vending machine). Melalui perangkat ini, calon penumpang dapat melakukan pemesanan tiket secara mandiri dalam waktu 24 jam. "Ada enam stasiun yang telah kita lengkapi fasilitas mesin tiket mandiri. Masing-masing Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Gombong, Kebumen dan Slawi," jelasnya.

    Fasilitas mesin tiket mandiri dimaksudkan untuk pelayanan pemesanan tiket di stasiun selama 24 jam. Pemesanan tiket di loket stasiun sendiri saat ini hanya dilayani dari pukul 09.00-16.00.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top