• Berita Terkini

    Tuesday, June 7, 2016

    Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, Amelia Minta Semangat Gotong Royong Dilestarikan

    fuad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Semangat gotong-royong sebagai warisan luhur nenek moyang harus terus dilestarikan di tengah kehidupan masyarakat. Apalagi ditengah gempuran arus globalisasi yang membuat masyarakat cenderung kian individualiatis serta menonjolkan eksklusifitas daripada kebersamaan.

    Hal tersebut diungkapkan Anggota MPR RI Amelia Anggraini pada kegiatan Sosialisasi Nilai-nilai Kebangsaan di balai desa Pagedangan Kecamatan Ambal, Minggu (8/6/2016).
    Sosialisasi yang juga menghadirkan narasumber tenaga ahli DPR RI Yusron, dihadiri puluhan warga setempat dan sejumlah kepala desa di Kecamatan Ambal."Semangat gotong royong adalah jati diri bangsa Indonesia, jadi kita wajib mempertahankannya. Tidak mudah memang, tapi kita harus berusaha mempertahankan dan melestarikan semangat gotong-royong itu," tandas wakil rakyat dari Fraksi NasDem yang duduk di Komisi IX DPR RI ini.

    Amelia menambahkan, gotong royong juga merupakan esensi pokok atau inti sari dari nilai-nilai luhur kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

    Sayangnya, lanjut Amelia, nilai toleransi dan semangat gotong royong yang tertanam pada Pancasila mulai pudar seiring arus globalisasi.
    Terutama generasi muda yang mulai kehilangan jati diri dengan kearifan lokal dan lebih membanggakan budaya asing.

    Untuk itulah, peran keluarga sangat penting sebagai filter untuk membendung budaya asing yang merusak jati diri bangsa. Menurut Amelia, orang tua tidak boleh cuek dengan aktivitas anak saat menggunakan gadget-nya. Sebab saat ini berbagai konten negatif, seperti pornografi dan kekerasan, sangat mudah diakses di internet.
    "Intinya orang tua harus bisa menjadi filter infiltrasi budaya yang merusak," ucap Amelia.

    Ditambahkan Amelia, UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika yang merupakan empat pilar kebangsaan terus disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat, mulai dari desa hingga kota besar.

    “Untuk mencegah lunturnya nilai kebangsaan itu MPR tidak henti-hentinya  mensosialisasikan empat pilar ke seluruh pelosok tanah air. Empat pilar nilai kebangsaan ini tentunya sangat penting untuk diaktualisasikan dalam kehidupan kesehariaan kita, sehingga nilai-nilai ini pun bisa hidup lebih memasyarakat dan membudaya dalam kehidupan bangsa kita,” bebernya.

    Pada sosialisasi tersebut, sejumlah kepala desa dan warga yang hadir juga silih berganti menyampaikan aspirasinya kepada Amelia Anggraini. Mereka berharap agar politisi yang sering turun ke bawah ini bisa membawa aspirasi mereka ke dinas/instansi terkait. (has)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top