• Berita Terkini

    Saturday, June 4, 2016

    SMP Muhammadiyah 1 Kebumen Sabet 13 Medali dari Ajang OLYQ 2016

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sederet prestasi kembali diraih SMP Muhammadiyah 1 Kebumen dari ajang Olimpiade Qur’an, Sains dan Tekhnologi (OLYQ) 2016 yang dilaksanakan di FKIP UHAMKA Pasar Rebo Jakarta, 27-28 Mei 2016 lalu. Dari ajang berskala Asia Tenggara itu, siswa SMP Muhammadiyah menyabet 13 medali.

    OLYQ 2016 atau The International Olympiad of Qur'an and Technology merupakan  salah satu program bersama sekolah-sekolah Muhammadiyah, sekolah Indonesia dan sekolah-sekolah di Asia Tenggara (Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand) dalam rangka mengapresiasi bakat dan minat para peserta didik dalam bidang keagamaan dan ilmu pengetahuan umum dalam bentuk kompetisi dan silaturrahim.

    Untuk edisi kali ini, merupakan program tahap ke-2 yang sebelumnya telah dilaksanakan OLYQ 1 di Cilacap pada tanggal 3-4 April 2015 lalu. Sebanyak 1.200 peserta yang terdiri dari siswa SD/MI, SMP sederajat dan SMA sederajat mengikuti event ini. Para peserta tak hanya siswa, melainkan guru hingga kepala sekolah.

    Adapun untuk perolehan kejuaraan dibagi menjadi 3 peringkat yaitu masing-masing peringkat 1-10 mendapatkan eedali emas (gold), peringkat 11-30 mendapatkan medali perak (silver), dan peringkat 31-60 mendapatkan medali perunggu (bronze), serta disediakan masing-masing medali untuk kategori juara umum.

    Di ajang tersebut, SMP Muhammadiyah 1 Kebumen mengirimkan 18 siswa sebagai peserta dan 7 orang guru sebagai pendamping lomba.  Hasilnya pun membanggakan. Sebanyak 13 medali berhasil disabet terdiri dari 3 medali emas, 7 medali perak, dan 3 medali perunggu.

    Adapun peraih medali masing-masing, Miftahul Huda meraih medali emas kategori Musabaqah Tilawatil Qur’an, Pepen Saputra meraih medali emas kategori lomba Azan dan Ibnu Azis, Cavina Phreatika (tim 1) meraih medali emas kategori Roket Air.

    Berikutnya, Akhmad Nur Khasan meraih medali perak kategori Musabaqah Tilawatil Qur’an,  Sultan Mada Maulana Tsani meraih medali perak kategori Musabaqah Hifdzil Al-Qur’an dan Novita Yanuar meraih medali perak kategori Kaligrafi Al-Qur’an. Sementara,  Eva Affiana meraih medali perak kategori Kaligrafi Al-Qur’an,
    Rizky Subekti Anam, Krisna Adi Prasetyo, M. Artherio Chanifudin (tim 1) meraih medali perak.

    Selain itu,  Nur Ikhsani, Ade Hikmah Nur Adisti (tim 2) meraih medali perak kategori Roket Air dan Bima Dwi Rakhman, Azahra Zaharani Priyanto (tim 3) meraih medali perak kategori Roket Air serta  Muhammad Shidiq Ibrahim meraih medali perunggu kategori Musabaqah Hifdzil Al-Qur’an..

    Adapun medali ke-12 dan ke-13 dipersembahkan oleh Gatra Puji Raharjo yang meraih medali perunggu kategori Musabaqah Hifdzil Al-Qur’an dan Dodi Dara Saputra meraih medali perunggu kategori Kaligrafi Al-Qur’an.

    Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, Emi Widayanti SPd mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang telah diraih oleh siswa dan siswinya tersebut. "Alhamdulillah semua siswa yang kami ikutkan dapat menyumbangkan medali untuk sekolah," ujarnya.

    Koordinator lomba OLYQ dari SMP Muhammadiyah 1 Kebumen, Fitri Nur Farida memberikan apresiasi  dan penghargaan kepada semua pihak yang turut serta menyukseskan tersebut. "Terima kasih kepada para pihak sekolah khususnya guru dan karyawan, pihak para donatur yang sudah membantu kami ikut melancarkan dan menyukseskan kegiatan OLYQ ini," katanya. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top