• Berita Terkini

    Wednesday, June 29, 2016

    Ratusan Armada Angkutan Lebaran Diperiksa

    PURWOREJO- Sebagai langkah pengamanan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dinhubkominfo) Kabupaten Purworejo bersama Polres dan Kodim 0708 Purworejo melakukan uji kelaikan armada dan pemeriksaan kesiapan pengemudi bus angkutan lebaran. Kegiatan dipusatkan di dua lokasi, yakni pangkalan PO Damri dan PO Sumber Alam Kutoarjo.

    Dalam kesempatan itu, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM bersama Kapolres Purworejo AKBP Satrio Wibowo SIK, Kepala Dinhubkominfo Agus Budi Supriyanto, dan Kasdim 0708 Purworejo Mayor Inf Restito, secara langsung memberikan pengarahan kepada puluhan sopir bus.

    Bupati dan rombongan juga meluncurkan 21 armada bus Damri sebagai armada angkutan lebaran tahun 2016. Peluncuran ditandai dengan pemotongan pita dan pemecahan kendi sebagai simbol permohonan keselamatan kepada Tuhan.

    Dalam pengarahannya di PO Sumber Alam, Bupati Purworejo menegaskan, perusahaan armada harus mengutamakan pelayanan daripada mencari keuntungan.
    Ia berharap seluruh kru dan karyawan dapat mempersiapkan kendaraaannya dengan sebaik mungkin.

    "Saya berharap dalam melayani masyarakat sebaik mungkin. Jangan lupa untuk tes driver, apakah menggunakan obat terlarang. Tidak ada lagi para driver yang menggunakan obat-obatan yang nantinya dapat membahayakan keselamatan pengemudi," tegasnya.

    Bupati juga menghimbau kepada para pengemudi memastikan kondisi kesehatannya dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas. "Tertib di jalan, jangan ugal-ugalan, patuhi rambu-rambu lalu lintas. Pastikan kondisi benar-benar dalam keadaan sehat. Jangan operasikan bus yang tidak dalam keadaan sehat. Ban yang gundul harus diganti. Jangan pakai yang vulkanisir. Rem juga dicek," ungkapnya.

    Kepala Dinhubkominfo Agus Budi Supriyanto, menjelaskan, uji kelaikan dilakukan untuk memastikan keamanan angkutan lebaran. Pasalnya, arus mudik lebaran membutuhkan armada angkutan yang memadai untuk menekan tingkat kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

    "Semua bus, baik dari dalam maupun luar Purworejo dicek. Armada dan pengemudinya sudah diperiksa dan dinyatakan laik jalan," ungkapnya.

    Dirut PT Sumber Alam Expres Kutoarjo, Judi Seiawan Hambali menjelaskan, terdapat 554 armada bus yang siap beroperasi selama 24 jam dalam masa angkutan lebaran ini. Armada tersebut terdiri atas 221 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), 85 bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), 61 bus pariwisata, 132 bus shuttle Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP) dan 55 bus shuttle Antar Jemput Dalam Provinsi (AJDP). (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top