• Berita Terkini

    Monday, June 27, 2016

    Penumpang KA Mulai Meningkat

    ilustrasi
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Memasuki H-10 lebaran  Minggu (26/6) kedatangan pemudik yang menggunakan transportasi kereta api sudah mulai terlihat. Peningkatan volume penumpang yang turun terjadi di semua stasiun wilayah Daop 5 yang melayani naik turun penumpang. Hingga kemarin keseluruhan jumlah penumpang yang turun di Stasiun Kebumen, mencapai 1.770 penumpang.

    Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono, mengatakan di Stasiun Purwokerto total penumpang yang turun pada H-10 mencapai 3.463 penumpang. Jumlah ini meningkat 50 persen jika dibandingkan masa yang sama pada lebaran tahun lalu yang hanya sebanyak 2.223 penumpang.

    Peningkatan penumpang yang turun juga terjadi di Stasiun Kutoarjo dengan jumlah penumpang 2.984 di hari yang sama. Dibanding lebaran tahun lalu yang hanya 2.182 penumpang, jumlah ini mengalami peningkatan 37 persen.

    Surono mengungkapkan, untuk hari-hari biasa jumlah penumpang turun rata-rata di Stasiun Purwokerto sebanyak 2.600 penumpang. Sedangkan di Stasiun Kutoarjo rata-rata 1.600 penumpang per hari.

    Total penumpang yang turun di stasiun wilayah Daop 5 pada H-10 lebaran mencapai 11.436. "Jumlah ini mengalami peningkatan 51 persen jika dibandingkan lebaran tahun lalu yang hanya 7.580 penumpang," kata Surono, kepada Kebumen Ekspres, Minggu (26/6).

    Menurutnya, puncak arus mudik penumpang kereta api sendiri diprediksi akan terjadi pada 5 Juli (H-1) dengan jumlah penumpang turun di wilayah Daop 5 Purwokerto mencapai 16.447 orang.

    Peningkatan jumlah penumpang pada masa angkutan lebaran tahun ini karena adanya peningkatan jumlah kereta api yang dioperasikan. "Lebaran tahun ini di lintas selatan kita operasikan 96 KA penumpang per hari, sementara tahun lalu hanya 90 KA," bebernya.

    Ia menambahkan, jumlah kereta api penumpang yang dioperasikan tersebut meliputi 72 KA reguler dan 24 KA Tambahan lebaran. Sedangkan di lebaran tahun lalu hanya ada 70 KA reguler dan 20 KA Tambahan Lebaran.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top