• Berita Terkini

    Selasa, 07 Juni 2016

    Layanan Motis Kurang Dinimati

    ilustrasi
    PURWOREJO- Kapasitas KA angkutan motor gratis (Motis) lintas selatan lebaran tahun ini masih minim dan baru terisi 51 persen dari kapasitas motis lebaran 2016 lintas selatan sebanyak 10.556 motor. Peluang bagi masyarakat untuk mengikuti program angkutan motor gratis mudik lebaran ini masih sangat terbuka.

    Manajer Humas PT KAI Daop 5, Surono, saat dikonfirmasi mengatakan, hingga 2 Juni 2016, peserta yang telah mendaftarkan motornya untuk diangkut gratis
    menggunakan kereta api tercatat baru 5.434 unit. Masing-masing 2.572 motor di masa arus mudik dan 2.862 motor di masa arus balik.

    "Masih banyak alokasi kapasitas motis yang kosong dan bisa dimanfaatkan pemudik. Total kapasitas angkut KA motis lintas selatan pada lebaran tahun ini memang meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu yang hanya 5.278 motor,” katanya, kemarin.

    Berdasarkan data pendaftaran motis yang telah masuk, tujuan mudik peserta program motis  terbanyak untuk KA motis lintas selatan 1 adalah ke Kutoarjo. Tercatat jumlah motor yang akan dikirimkan ke Kutoarjo sebanyak
    701 motor di saat mudik dan 635 motor akan dikirimkan dari Kutoarjo di saat arus balik lebaran.

    "Sedangkan untuk KA motis lintas selatan 2, motis terbanyak dikirimkan ke dan dari stasiun Solojebres. Tercatat ada 749 motis dikirim ke Solojebres
    saat mudik dan 703 motis akan diberangkatkan dari stasiun ini saat arus balik lebaran," lanjutnya.

    Dijelaskan, peningkatan kapasitas angkutan motis lintas selatan terjadi karena ada penambahan jumlah KA yang melayani angkutan motis. Tahun ini jumlah KA angkutan motis di lintas selatan ditingkatkan menjadi 2 KA. Masing- masing KA Motis lintas selatan 1 (Jakarta Gudang- Kutoarjo pp.) dan KA Motis lintas selatan 2 (Jaakarta Gudang- Kediri pp.).

    Setiap KA motis akan membawa rangkaian 7 gerbong dengan kapasitas muat masing-masing gerbong sebanyak 58 sepeda motor. KA angkutan motis ini akan dioperasikan tanggal 28/6 (H-10) - 3/7 (H-3) saat arus mudik dan tanggal 10/7 (H+3) - 16/7 (H+9) saat arus balik.

    Diperkirakan jumlah ini akan masih terus bertambah karena pendaftar program motis mudik lebaran masih dilayani sampai dengan tanggal 6 Juni 2016.

    "Kami membuka pedaftaran motor gratis di stasiun- stasiun pelayanan motis seperti Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen dan Kutoarjo,” ungkapnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top