• Berita Terkini

    Thursday, June 30, 2016

    Kerugian Bencana Purworejo Capai Rp 37 Miliar

    andi/ekspres
    PURWOREJO- Bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Purworejo, Sabtu (18/6) lalu, telah menyebabkan kerusakan infrastruktur dan sarpras. Dari pendataan yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) total kerugian mencapai total Rp 37.838.500.000.

    Sementara jumlah korban dari hasil evakuasi dan pencarian korban sampai dengan tanggal 24 Juni 2016, terdapat jumlah total 65 korban, dengan rincian kategori meninggal 43 orang, luka-luka 19 orang dan belum ditemukan 3 orang.

    "Total kerugian yang sementara terekap itu masih sangat mungkin berkembang. Tim masih terus melakukan pendataan baik terhadap kerusakan infrastruktur maupun kerugian yang ditimbulkan," ucap Kepala BPBD Purworejo Drs Budi Harjono, saat paparan hasil evaluasi dan kronologis bencana di hadapan Bupati Purworejo, kemarin.

    Lebih lanjut Budi menjelaskan, setelah proses dala selesai, akan dilakukan penataan pengungsi korban tanah longsor dengan menggunakan dua cara. Yakni, apakah pengungsi akan kembali ke rumahnya masing-masing atau akan menempati hunian sementara.

    Dikatakan, proses penataan pengungsi ditargetkan selesai 8 Juli 2016. Pada tahap akhir masa tanggap darurat, pemkab akan melakukan penyusunan rencana teknis rehabilitasi dan rekonstruksi. Terkait anggaran rehabilitasi dan rekonstruksi, akan dimasukkan ke APBD Perubahan tahun 2016.

    "Setelah evakuasi dan pencarian korban resmi dihentikan, kita membentuk media center sebagai pusat informasi di posko induk, menfasilitasi bantuan dari masyarakat. Selain itu, juga melakukan assessment dampak bencana, dengan melakukan perhitungan damage and losses assessmen (dala) dan pemulihan fungsi sarana prasarana dan infrastruktur sementara akibat bencana," katanya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top